Penyebab Kilang Pertamina di Dumai Meledak, Ini Penjelasan Pertamina

Kilang minyak Pertamina Dumai terbakar.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Kilang minyak PT Pertamina di Dumai, Riau, meledak, Sabtu malam, 1 April 2023, sekitar pukul 22.54 WIB. Akibatnya, rumah hingga masjid berada di lokasi kejadian mengalami kerusakan.

Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria di Ruangan Rumah Sakit, Salah Satu Pelaku Mantan Kekasih Korban

Area Manager Comm Rel & CSR Kilang Dumai, Agustiawan menjelaskan bahwa peristiwa ini, terjadi karena kegagalan operasi, yang berada di salah satu unit di kilang minyak tersebut.

"Kami sampaikan saat ini, telah terjadi kegagalan operasi, di salah satu unit kami. Mengakibatkan menimbulkan ledakan seperti dirasa dan didengarkan masyarakat sekitar," sebut Agustiawan dalam keterangan video, Minggu 2 April 2023.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat Capai 42% di Sumut Pada Mudik Lebaran 2024

Agustiawan mengklaim saat ini, kondisi api sudah berhasil dipadamkan. Kini, kondisi di lokasi, tidak ada menimbulkan kobaran api lagi.

"Tapi, Alhamdulillah sampai detik ini. Sudah berhasil dipadamkan kondisi kilang, dalam kondisi aman. Sudah kembali dalam upaya normal," kata Agustiawan.

Sambut Lebaran, Asian Agri Gelar Bazar Minyak Goreng dan Beras Premium Harga Terjangkau

Agustiawan dalam peristiwa ini, mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. Karena, upaya penanganan terus dilakukan oleh pihak Pertamina dengan stakeholder terkait sampai saat ini.

"Tentu kami sampaikan kepada masyarakat, untuk bisa tetap tenang, kami dari Pertamina tetap dalam upaya kembali normalkan kondisi, warga tetap kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan aman," jelas Agustiawan.