Luncurkan Bus Listrik, Komitmen Pemko Medan-Bluebird Group Hadirkan Transportasi Ramah Lingkungan
- Istimewa/VIVA
VIVA Medan - Resmi beroperasinya tambahan 60 unit bus berbasis listrik dengan skema Buy The Service (BTS) bentuk komitmen Pemko Medan dengan Bluebird Group menjadikan masa depan transportasi yang ramah lingkungan.
PT Big Bird Pusaka (Bigbird) bagian dari Bluebird Group, dipercaya sebagai operator layanan bus listrik modern yang diharapkan memberikan kemudahan, kenyamanan, sekaligus mendukung mobilitas berkelanjutan masyarakat Medan.
Sebelumnya, Bigbird telah sukses mengoperasikan bus dengan skema BTS di wilayah Bandung, Padang, dan IKN. Medan, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, perlu didukung dengan layanan transportasi publik yang terintegrasi dengan berbagai titik strategis di seluruh area Medan.
Bus listrik sebagai moda transportasi pilihan, menawarkan mobilitas lebih cepat dan dapat diandalkan bagi masyarakat Medan yang terus mengalami pertumbuhan jumlah penduduk.
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan antusiasme atas peluncuran bus listrik yang telah dinantikan selama setahun. Katanya, ini sebagai bentuk dukungan dan mendorong masyarakat untuk beralih ke transportasi publik yang ramah lingkungan.
”Ini adalah BRT pertama di Indonesia yang 100 persen menggunakan bus listrik. Inisiatif ini tidak hanya untuk mengajak masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik, tetapi juga membawa misi menjaga lingkungan. Kami berterima kasih atas dukungan seluruh pihak, termasuk Bigbird yang berperan sebagai operator layanan ini. Harapannya Medan bisa menjadi salah satu kota percontohan dalam penerapan sistem transportasi ramah lingkungan di Indonesia,” ujar Bobby Nasution.
Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto (Andre) Djokosoetono mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Kota Medan kepada Bluebird. “Keberadaan armada Bigbird dalam layanan transportasi ini menjadi wujud nyata kontribusi kami untuk menjangkau berbagai kebutuhan mobilitas masyarakat melalui Standar Nyaman Indonesia (SNI). Kehadiran kami di sini juga melanjutkan komitmen Bluebird untuk menumbuhkembangkan layanan BRT,” ungkapnya.
Bluebird Group, yang telah menjadi ikon dalam penyediaan transportasi berkualitas selama lebih dari 52 tahun, berkomitmen mendukung agenda keberlanjutan melalui pilar BlueSky 50:30 dalam Visi Keberlanjutan, dimana Bluebird menargetkan pengurangan emisi dan buangan hingga 50% pada tahun 2030.
"Dengan hadirnya armada bus listrik ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif yang lebih besar untuk masa depan lingkungan, khususnya di Medan dan harapannya terus bertambah di kota-kota lain seluruh Indonesia,” jelas Andre.
Sebagai bagian dari solusi mobilitas masyarakat Medan sejak tahun 2010, Bluebird Group telah lebih dulu hadir dengan layanan Bluebird (taksi), Goldenbird (sewa mobil), dan Bigbird (sewa bus).
Perusahaan berkomitmen untuk menyediakan kenyaman dan kemudahan perjalanan dengan standar layanan terbaik, menjadikan setiap perjalanan lebih dari sekadar perpindahan dari satu titik ke titik lain - tetapi juga pengalaman yang menyenangkan dan bermakna.