Siap Hadapi Kebakaran, Dinas Damkramat Medan Latih 80 Petugas

Dinas Damkramat Medan gelar pelatihan diikuti 80 Petugas.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkramat) Kota Medan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar Kualifikasi Pemadam 1 yang diikuti oleh 80 orang Petugas Harian Lepas (PHL) pranatas kebakaran.

Jadi Garda Terdepan Pelayanan, Yasyir Ridho Sebut Kesejahteraan Kepling Harus Ditingkatkan

Diklat ini, terbagi menjadi dua gelombang, dengan lokasi pelaksanaan di BPSDM Provinsi Sumatera Utara dan Kantor UPT Damkarmat Wilayah I Medan Tuntungan. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dari 30 September hingga 7 Oktober 2024 untuk Angkatan I, dan 9 hingga 16 Oktober 2024 untuk Angkatan II.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menciptakan aparatur Pemadam Kebakaran Kota Medan yang tidak hanya terlatih dan terampil, tetapi juga profesional dalam melaksanakan segala tugas mereka.

HIRO di Pilkada Medan 2024, Fokus Peningkatan Pendidikan Berkeadilan

Plt. Wali Kota Medan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Medan, M. Sofyan menyatakan harapannya bahwa diklat ini akan dapat meningkatkan kemampuan aparat Damkar Kota Medan dalam melaksanakan tugas pemadaman serta penyelamatan kebakaran dan non kebakaran. "Selain itu, diharapkan pula dapat meminimalkan risiko yang dihadapi oleh masyarakat dan para petugas dalam kejadian kebakaran," jelas Sofyan, Selasa 1 Oktober 2024.

Diklat ini melibatkan narasumber dari Kasubdirektorat Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Pemadam Kebakaran dengan tiga instruktur dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta.

Rizky Nurohman Bintang Baru MMA Indonesia, Raih Emas di PON XXI 2024

Kegiatan pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh berbagai pejabat terkait, termasuk Plh. Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Greis Meirandha, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Medan, Muhammad Yunus serta perwakilan dari BPSDM Provsu dan BKPSDM Kota Medan.

Dengan adanya diklat ini, diharapkan kualitas layanan pemadam kebakaran di Kota Medan semakin meningkat demi keselamatan masyarakat.