Medan Sekitar Dilanda Cuaca Panas, Suhu Puncak Capai 37 Derajat

Cuaca panas melanda Kota Medan dan sekitarnya.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dengan kondisi cuaca panas yang melanda sebagian besar wilayah Sumatera Utara (Sumut). Cuaca panas ini dialami warga di kawasan Kota Medan dan sekitarnya.

Pembukaan PON 2024 Wilayah Sumut Bakal Seperti di Aceh

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hasil peta sebaran curah hujan harian di Provinsi Sumut, secara umum Sumut berada pada kondisi tidak ada hujan hingga hujan ringan.

"Curah hujan tertinggi sebesar 8.5 mm terukur di pos hujan Pematang Kerasaan, Kabupaten Simalungun," sebut BMKG dalam keterangannya Selasa 22 Juli 2024. 

Tingkat Pelayanan, KAI Sumut Ujicoba Teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan

Sebanyak 70 persen wilayah di Sumut berada dalam kondisi musim hujan, seperti di wilayah Pantai Barat, pegunungan, dan sebagian lereng timur Sumut seperti sebagian Kota Medan, sebagian Langkat, dan sebagian Deliserdang. 

Di mana suhu maksimum udara pada tanggal 21 Juli 2024 tercatat mencapai 37 derajat Celcius di BBMKG Wilayah I Medan, dan suhu udara maksimum di pegunungan tercatat 25 derajat Celcius. 

Kasus Dugaan Korupsi Rehabilitasi Sekolah di Sumut Bergulir, Gugurkan Praperadilan Terdakwa

Kelembaban udara yang tercatat juga rendah hingga lapisan 500mb, sehingga kandungan uap air cukup kecil. Kondisi ini mengakibatkan sulitnya terbentuk awan-awan hujan khususnya di wilayah Kota Medan dan sekitarnya.

Kondisi yang cukup gerah dan suhu tinggi ini akan berlangsung hingga 3 hari ke depan di sepanjang pesisir timur Sumut.

Halaman Selanjutnya
img_title