5 Guru Besar USU Dikukuhkan, Rektor Muryanto : Perlu Jaga Konsistensi Kenaikan Produk Tri Dharma

Rektor USU, Prof Dr Muryanto Amin bersama 5 Guru Besar USU yang dikukuhkan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) mengukuhkan Lima Guru Besar dalam Upacara Pengukuhan Guru Besar Tetap USU, Senin 13 November 2023, di Gelanggang Mahasiswa USU, Kota Medan.

Peringati Hardiknas 2024, Ini Pesan Pj Gubernur Sumut

Lima Guru Besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dr. Rudy Sofyan, S.S., M.Hum dari Fakultas Ilmu Budaya; Prof. Ir. Hotnida Sinaga, M.Phil., Ph.D dari Fakultas Pertanian; Prof. Dr. Apri Heri Iswanto, S.Hut., M.Si dari Fakultas Kehutanan; Prof. Setiawan, S.Kp., M.NS., Ph.D dari Fakultas Keperawatan; dan Prof. Siti Latifah, S.Hut., M.Si., Ph.D dari Fakultas Kehutanan.

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menyoroti pentingnya penataan SDM di perguruan tinggi untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Peran strategis dosen sebagai modal utama dalam memanfaatkan sumber daya Indonesia, kini diukur secara global melalui produktivitas Tri Dharma seimbang.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 Dilaksanakan di Unimed

“Dosen di perguruan tinggi menjadi salah satu, modal utama menggerakkan sumber daya yang dimiliki Indonesia yang diukur melalui produktivitas Tri Dharma yang seimbang yaitu pendidikan, penelitian dan luarannya, dan pengabdian masyarakat,” jelas Prof. Muryanto, dalam keterangannya, Kamis 16 November 2023.

Kualitas layanan Tri Dharma di USU sangat bergantung pada kinerja dosen. Penambahan 47 Guru Besar di tahun 2023 diharapkan meningkatkan kinerja Tri Dharma. Upaya terus menerus untuk meningkatkan kinerja dosen dan mahasiswa diharapkan memperbaiki peringkat universitas dalam pemeringkatan internasional.

Sebanyak 37.169 Peserta Ikuti UTBK-SNBT 2024 Digelar di USU

“USU perlu menjaga konsistensi kenaikan produk Tri Dharma secara terus menerus dan meningkatkan kinerja dosen dan mahasiswa agar penilaian dari lembaga internasional semakin baik dan dipercaya oleh industri,” ujar Prof. Muryanto.

Lebih lanjut Rektor USU mengatakan keberhasilan Program EQUITY di USU tergantung pada komitmen untuk berinovasi dalam layanan Tri Dharma. Peran Guru Besar dalam membawa perubahan fundamental menjadi kunci. Dengan 155 Guru Besar aktif dan 16 yang baru diangkat, Rektor yakin akan terjadi perubahan signifikan menuju standar internasional.

Halaman Selanjutnya
img_title