Dorong Mahasiswa Melek Politik, Civitas Ganjar Sumut Wadahi Ruang Diskusi dan Aspirasi

Civitas Ganjar gelar diskusi bersama mahasiswa.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Peran mahasiswa dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tak bisa dianggap enteng, yang berperan sebagai agent of change (agen perubahan). Hal inilah yang menjadikan Relawan Alumni Muda USU-UNRI atau Civitas Ganjar mendorong mahasiswa untuk melek politik.

Temu Kangen KAGAMA Jadi Momentum Peningkatan Pendidikan Melalui UGM Online

Hal tersebut diungkapkan agenda Sekolah Politik dengan tema Kilas Balik: Manifestasi Pergerakan Mahasiswa dalam Perpolitikan Bangsa di Aula YPPIA, Kafka Spaces, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu 16 September 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan mahasiswa dalam rangka memberikan edukasi menghadapi pemilu 2024. Hadir sebagai narasumber, politikus senior PDIP yang juga alumnus USU, Samulya Surya Indra. Ia menyampaikan isu dan kebijakan tentang politik dalam bernegara, serta kiat-kiat dalam memilih pemimpin di 2024 mendatang.

Nikson Nababan Ajak Milenial Aktif di Pilkada Serentak 2024 untuk Memilih Pemimpinnya

"Kita mengadakan sekolah politik, dimana kita berfokus pada pembahasan politik dalam menyambut agenda pemilu 2024 yang menyasar mahasiswa di sejumlah universitas," tutur Koordinator Wilayah Civitas Ganjar Sumatera Utara, Berry Sitohang dalam sambutannya.

Lanjutnya, saat ini sebetulnya mahasiswa yang hadir sudah melek terhadap politik, apalagi dengan kemudahan akses informasi yang perolehnya, mahasiswa dapat melakukan kajian dan screening terkait dengan calon pemimpin Indonesia selanjutnya. Maka, Berry membuat agenda tersebut untuk mengajak mahasiswa berdiskusi dan mewadahi aspirasi dari kalangan mahasiswa dalam menjawab tantangan bangsa.

PKS Bertemu PDIP, Berpotensi Koalisi dan Usung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut

"Pemahaman mereka terhadap politik sebetulnya sudah melek, apalagi akses informasi saat ini kan sudah gampang dan sebetulnya mereka punya ketertarikan di dunia politik, tinggal butuh wadah untuk menyampaikan aspirasinya, maka kami fasilitasi kegiatan diskusi hari ini," pungkasnya.

Berry berharap kegiatan tersebut bisa dimaknai secara mendalam dan menyampaikan ilmu kepada mahasiswa lainnya agar banyak generasi muda yang peduli dan kiam melek menghadapi pemilu 2024. Menurutnya, Ganjar merupakan salah satu sosok yang layak dikedepankan sebagai pemimpin Indonesia selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title