Kolaborasi FKG USU dan Universiti Kebangsaan Malaysia, Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

FKG USU kolaborasi University Kebangsaan Malaysia gelar pengabdian bersama kepada masyarakat.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Kolaborasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (FKG USU) dan Fakulti Pergigian Universiti Kebangsaan Malaysia, bersama Mahad Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah dan Asian Muslim Charity Foundation (AMCF) menggelar bersama pengabdian kepada masyarakat.

Gelaran SSBRN di Polandia, USU Jadi Host Utama

Pengabdian kepada masyarakat itu, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, serta sosialisasi tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut khususnya. Hal tersebut, dalam mencegah dan merawat gigi sensitif atau gigi ngilu. Kegiatan ini, melibatkan sebagian besar dosen dan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi USU yakni dari Departemen Periodonsia, Departemen Konservasi Gigi, Departemen Prostodonsia, Departemen Ortodonsia.

Kemudian, Program Studi Magister dan Doktor, Departemen Ilmu Penyakit Mulut serta Ikatan Alumni Spesialis Periodonsia FKG USU dan juga melibatkan organisasi profesi yaitu Ikatan Periodonsia Indonesia Komisariat Medan. Kegiatan ini dihadiri juga oleh tiga dosen dan sepuluh mahasiswa spesialis Periodonsia dari Universiti Kebangsaan Malaysia.

Pilmapres 2024, Dua Mahasiswa UMSU Sabet Juara 1 Sekaligus

Kegiatan pengabdian ini, berlangsung pada Senin sampai dengan Selasa, tanggal 21 hingga 22 Agustus 2023 di Gedung Pusat Kemanusiaan AMCF Sumatera Utara di Jalan Beo No.39 A, Kota Medan.

Kegiatan itu, dihadiri langsung oleh pengabdian masyarakat yaitu Wakil Dekan III Dr. Pitu Wulandari, drg., S.Psi., Sp.Perio (K) dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi Kerjasama antara FKG USU, UKM dan Mahad Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah.

Uang Kuliah Tunggal Naik, Ini Penjelasan Wakil Rektor I USU

Ia menjelaskan bahwa kegiatan kolaborasi pengabdian masyarakat ini meliputi pemeriksaan gigi, penyuluhan dan konsultasi terkait kesehatan gigi dan mulut serta tindakan perawatan berupa pembersihan karang gigi, perawatan gigi ngilu yang non karies, pencegahan karies gigi dan pencabutan gigi.

"Semua pelayanan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis," ucap Pitu, dalam keterangan tertulis, Minggu 3 September 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title