Ribuan Umat Islam Padati Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al Mashun Medan

Ribuan umat muslim Salat Id di Masjid Raya Al Mashun.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Ribuan umat islam padati di Masjid Raya Al Mashun, di Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sabtu pagi, 22 April 2023, pukul 07.30 WIB. Jamaah yang ikut salat, membentuk saf hingga di jalan, di luar masjid Kesultanan Deli itu.

Pengendalian Inflasi Usai Idulfitri dan Libur Nasional, Ini Pesan Tito Karnavian

Dari pantauan VIVA, jamaah membludak tersebut, karena ingin merasakan salat Ied di masjid menjadi ikon Kota Medan itu. Selain warga Kota Medan, jamaah ada berasal dari Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Serdangbedagai.

Pada pelaksanaannya salat Idul Fitri itu, terlihat juga Sultan Deli ke-14 Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah atau cukup disingkat Tuanku Aji turut hadir, bersama keluarganya.

Selama Angkutan Lebaran 2024, KAI Sumut Angkut 187.584 Penumpang

Sudah menjadi tradisi, Sultan dan kerabat kesultanan salat di Masjid Raya Al Mashun. Setelah rombongan sultan masuk, takbir terakhir dikumandangkan.

SalatId kemudian dimulai pukul 08.00 WIB. Salat berjalan dengan khusyuk. Kehadiran Tuanku Aji menjadi daya tarik bagi masyarakat. Mereka berbondong-bondong meminta kesediaan Sultan untuk berfoto. Dengan sabar, laki-laki kelahiran 1998 itu meladeni permintaan masyarakat.

Selama Angkutan Lebaran 2024, Bandara Kualanamu Melayani 367.939 Penumpang

Dalam pesannya, Tuanku Aji juga mengimbau masyarakat untuk menghargai perbedaan. Salah satunya, misalnya ada perbedaan penetapan tanggal hari raya Idul Fitri.

“Saudara kita dari Muhammadiyah melaksanakan lebaran lebih dulu. Jangan sampai perbedaan membuat perpecahan,” ucap Tuanku Aji.

Halaman Selanjutnya
img_title