Raih Peringkat Lima di Peparnas, Eks Ketum PSSI: Sumut Adalah Talenta Juara dan Pemenangan

Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi mengucapkan kepada atlet-atlet asal Sumut yang sukses dan menunjukkan prestasi terbaik di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Jawa Tengah.

"Selamat kepada atlet-atlet berprestasi, yang belum berprestasi terus berjuang," ucap Edy Rahmayadi kepada wartawan di Kabupaten Deliserdang, Senin 14 Oktober 2024.

Kontingen Sumut di Peparnas XVII tahun 2024 finish di peringkat kelima, dengan memboyong 73 medali, yaitu 28 emas, 26 perak, 19 perunggu. Edy mengungkapkan bahwa Sumut memiliki talenta atlet-atlet olahraga yang profesional, siap bertarung dan mampu mengukir prestasi, yang mampu membanggakan dan mengharumkan nama Sumut di tingkat nasional maupun internasional. "Karena Sumatera Utara adalah talenta juara. Talenta pemenangan di Sumut ini," kata mantan Pangkostrad itu.

Kontingen Sumut yang tampil di Peparnas tahun 2024 tiba di Bandara Kualanamu.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Mantan Ketua Umum PSSI itu, mengatakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, kontingen Sumut mampu mengukir prestasi gemilang dengan masuk dalam jajaran lima besar di perolehan medali. "Kita buktikan di PON ini, dengan kesiapan yang minim, kita bisa meraih nomor 4. Kita harapkan untuk atlet-atlet Sumut menjadi kebanggaan masyarakat yang bermartabat," sebut Edy, yang juga sebagai Calon Gubernur Sumut nomor urut dua.

Sebagai informasi, PON 2024 Aceh-Sumut, Provinsi Jawa Barat keluar sebagai juara umum, kemudian disusul DKI Jakarta dan posisi ketiga Jawa Timur. Sedangkan Sumut di posisi keempat, dengan raihan medali 79 emas, 59 perak dan 116 perunggu.