Dihadapan Ratusan Mahasiswa Baru ISTP Medan, Edy Rahmayadi Pengalaman Jadi Pemimpin

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi saat sebagai pembicara kuliah umum di Kampus ISTP Medan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi, jadi pembicara pada kuliah umum di kegiatan Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) 2024/2025, di Institut Sains dan Teknologi T.D.Pardede (ISTP) Medan, Jalan T.D.Pardede, Kota Medan, Sabtu 21 September 2024.

Kegiatan MPKMB dengan mengusung tema 'Membentuk Mahasiswa Baru ISTP yang berkarakter, Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Berintegritas'. Edy Rahmayadi mengatakan bahwa mahasiswa menjadi garda depan, dalam mendorong kepemimpinan masa depan berkualitas dan memiliki jiwa leadership, untuk kemajuan Indonesia, terkhusus di Sumut.

Mantan Pangkostrad ini, mengatakan sosok pemimpin bangsa ini, memberikan kontribusi dalam pertahanan di tanah air dalam segala sisi. Baik ketahanan pangan hingga ketahanan nasional. "Ketahanan nasional, Ketahanan budaya. Negara ini, harus tahan dari segalanya," sebut Edy Rahmayadi dihadapan ratusan mahasiswa baru, di Kampus ISTP.

Edy mengatakan lolos sebagai anggota TNI Angkatan Darat (AD) melalui Akadami Militer (Akmil) dan mengabdi sebagai prajurit TNI selama 32 tahun, dengan menjabat jabatan strategis, hingga puncak jadi Pangdam I Bukit Barisan dan Pangkostrad.

Edy mengungkapkan kesuksesan dirinya berkarir di TNI, Ketua Umum PSSI hingga menjadi Gubernur Sumut, tidak lepas doa dari kedua orang tua. Terutama, ibu kandung dari jendral TNI bintang tiga itu. "Saya cium dan saya peluk dia (ibu kandungnya), gara gara dialah saya sekarang seperti ini," ucap Edy.

Edy mengajak dosen dan para senior kelas di Kampus ISTP ini, untuk dapat melakukan pembinaan terhadap mahasiswa baru ini, menjadi mahasiswa memiliki karakter religius, nasionalis, mandiri, berintegritas "Pak dan ibu dosen, senior kalian ajarkan mereka (mahasiswa baru ) yang baik. Mereka harus baik dari kau. Sehingga jadi cikal bakal pemimpin masa depan," kata Edy.

Edy juga menyampaikan pemaparan bagaimana sosok menjadi pemimpin hebat itu, harus memiliki keseimbangan dalam kehidupannya, seperti taat berdoa dan beribadah. "Kemudian, rela berkorban, tidak mengenal menyerah, memiliki kasih sayang dan menjadi contoh tauladan," kata Edy Rahmayadi.