Sepasang Beruang Madu Terjerat di Perkebunan Langkat Sumut, Satu Ekor Diamputasi

Kolase Beruang Madu terjerat nilon di Langkat, Sumut dievakuasi.
Sumber :
  • BBTNGL/MEDAN VIVA

VIVA - Satu ekor Beruang Madu (Helarctos malayanus) jantan mengalami cacat, kakinya diamputasi gegara terjerat nilon. Jeratan tersebut juga dialami Beruang Madu betina.

Amputasi harus dilakukan terhadap Beruang Madu jantan itu akibat terjerat nilon yang diduga sengaja dipasang. Keduanya terjerat di perkebunan milik PT Mitra Sejati di Dusun Pancasila Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), pada 1 Februari 2023 lalu.

"Pada saat ditemukan kondisi beruang madu betina dalam keadaan sehat, sehingga langsung dilepasliarkan. Sedangkan beruang jantan dalam kondisi terluka, akibat jerat nilon sehingga perlu perawatan lebih lanjut," ungkap Kepala Balai Besar TNGL, Ujang Mamat Rahmat dalam keterangan tertulisnya, Rabu 8 Februari 2023.

Baca juga:

Ujang menyebutkan, beruang jantan yang diperkirkan berumur 7 tahun dengan berat 60 kg itu pun dievakuasi ke Sumatran Rescue Alliance (SRA) di Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, untuk mendapatkan perawatan serius. Jeratan tersebut, menyebabkan kuku Beruang Madu jantan terpotong.

"Kaki Beruang Madu jantan yang terluka tersebut harus diamputasi," jelasnya.