Kontingen Sumut PON 2024 Dibubarkan, Pj Gubsu: Mimpi Kita Menjadi Kenyataan

Pembubaran kontingen Sumut pada PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut)  mengapresiasi prestasi atletnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Di mana, Sumut berhasil mengembalikan marwah provinsi ini dengan finish di urutan keempat.

Apresiasi ini, disampaikan Plt Kepala Dinas Kemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Sumut M Armand Effendi Pohan, saat membacakan sambutan Pj Gubernur Sumut Fatoni di acara Pembubaran Kontingen PON XXI Sumut. Capaian atlet Sumut di PON XXI memposisikan kembali provinsi ini sebagai kontingen yang bisa bersaing dengan jawara-jawara PON.

"Kalian semua kebanggaan masyarakat Sumut, pahlawan Sumut, kita sudah membuat mimpi kita menjadi kenyataan," ucap Effendi Pohan, membacakan sambutan Pj Gubernur di Tiara Convention Centre, Jalan Cut Meutia, Kota Medan, Minggu malam, 13 Oktober 2024.

Plt Kadispora Sumut, Effendi Pohan menerima bendera Kontingen Sumut pada PON 2024.

Photo :
  • Dok Dispora Sumut

Pada PON XXI Aceh-Sumut, Provinsi Jawa Barat keluar sebagai juara umum, kemudian disusul DKI Jakarta dan posisi ketiga Jawa Timur. Sedangkan Sumut di posisi keempat dengan raihan medali 79 emas, 59 perak dan 116 perunggu.

"Posisi keempat itu sangat luar biasa karena sangat sulit menggeser 3 tim unggulan, Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta, ini semua berkat kerja keras kita bertahun-tahun," katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menambahkan ada 8 Cabor Sumut sebagai runner up dan 9 Cabor posisi ketiga. Ini menandakan atlet-atlet Sumut bisa bersaing dengan atlet elit-elit Indonesia.