Kontingen Sumut Finish Lima Besar Peparnas 2024, Kantongi 28 Medali Emas

Para atlet dan official NPC Sumut mengikuti Peparnas di Solo.
Sumber :
  • Dok NPC Sumut

VIVA Medan - Kontingen Sumatera Utara (Sumut) finish posisi kelima pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Tahun 2024 Solo, Jawa Tengah. Hingga Sabtu malam, 12 Oktober 2024 kontingen Sumut mempersembahkan 28 medali emas, 26 perak, dan 19 perunggu dan finish di posisi kelima klasemen perolehan medali.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengucapkan rasa syukur dan mengapreasi perjuangan seluruh atlet dan pelatih yang telah berusaha semaksimal mungkin meraih medali. "Secara perolehan medali kita ada peningkatan dibanding Peparnas Papua. Termasuk sejumlah cabor yang telah pecah rekor," ucap Alan, Minggu 13 Oktober 2024.

Alan mengungkapkan Sumut masih bisa pertahankan peringkat lima besar yang pernah ditorehkan pada Peparnas 2021 Papua. "Bagi cabor yang belum capai target tentu kita akan ada evaluasi sekembali di daerah," ucap Alan.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting (baju putih) bersama Yecikarani Clarita Situmorang raih medali emas Peparnas 2024.

Photo :
  • Dok NPC Sumut

Sementara itu, Plt Kadispora Sumut, Effendy Pohan mengungkapkan apresiasi kepada atlet Sumut yang bertarung di Peparnas Solo ini, yang sudah mengukir prestasi membanggakan tersebut. Ia mengatakan bahwa atlet telah bertanding dengan semangat pantang menyerah.

"Kita sukses pertahankan posisi lima besar Peparnas. Saya salut dengan perjuangan mereka di cabor-cabor. Meski memiliki keterbatasan, tak menjadi penghalang mereka mengharumkan nama baik Sumut," jelas Effendy.

Dari total tersebut, cabor para atletik penyumbang medali terbanyak dengan 11 emas, 9 perak, 6 perunggu. Kemudian para angkat berat 7 emas, 4 perak. Kemudian para taekwondo 5 emas, 2 perak, 2 perunggu. Serta para renang 3 emas, 3 perak.