Bali Juara Umum Eksebisi Padel di PON 2024, Fokus PBPI Pembinaan Atlet

Ketua Umum PBPI, Galih Dimuntur Kartasasmita bersama kontingen Padel Bali.
Sumber :
  • Aris Dasril/VIVA Medan

VIVA Medan - Kontingen Bali menasbihkan diri sebagai juara umum pada cabor Padel di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 yang digelar di lapangan Padel People Jalan HM Said, Selasa 17 September 2024. Perkumpulan Besar Padel Indonesia (PBPI) menyatakan siap menjadikan olahraga ini resmi dipertandingan di PON NTT-NTB 2028.

Gelar juara umum diraih Bali ini usai menang dari DKI Jakarta pada partai final dengan skor 2-1. Kemenangan Bali itu diraih dari nomor ganda putra melalui Adiguna/Eskar yang berhasil taklukan Mike/Dyas (6-3, 2-6, 6-4) dan dari nomor mix, pasangan Mario/Komang atas Zar/Sandy (6-4, 7-5).

Satu-satunya kemenangan diraih DKI Jakarta dari nomor ganda putri melalui Karyn/Novela atas Sally/Patty (Bali) dengan skor 6-1 dan 6-0. Sedangkan peringkat ketiga dinobatkan kepada kontingen Banten yang membuat kontingen Sumatera Barat tak berkutik dengan kemenangan 3-0. Sedangkan pemain terbaik putra disematkan kepada Mario Yohakim Prayamto (Bali) dan putri Novela Rezha Mellenia Putria Sari (Jakarta).

Ketua Umum PBPI, Galih Dimuntur Kartasasmita.

Photo :
  • Aris Dasril/VIVA Medan

Dengan torehan ini, eksebisi Padel pun berakhir dan ditutup Ketua Umum PBPI, Galih Dimuntur Kartasasmita. Dalam sambutannya, Galih menuturkan, meski sebagai olahraga baru, dirinya berjanji akan terus menumbuhkembangkan olahraga ini di Indonesia.

"Selama saya menjadi Ketua Padel Indonesia, saya akan menjadikan olahraga ini kebanggan Indonesia. Saya berjanji," tuturnya dihadapan Ketua PBPI Sumut, Eric Cendana dan seluruh kontingen yang mengikuti eksebisi Padel PON 2024 ini.

Suksesnya eksebisi Padel di PON 2024 ini, katanya Galih, langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan pihaknya adalah pembentukan di PBPI provinsi. Terpenting juga adalah pembentukan dan pembinaan atlet usia dini, serta menggelar sejumlah kejuaraan, baik tingkat nasional hingga internasional.