Raih 7 Emas, Labuhan Kuasai Tinju Porkot Medan 2024

Para petinju yang tampil di Porkot Medan 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Gelar juara umum cabang olahraga (cabor) tinju pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XIV/2024 disematkan kepada kontingen Medan Labuhan usai meraih medali emas terbanyak yang berlangsung di Pusdiklat Pertina Sumut di Martubung yang berakhir Jumat 21 Juni 2024.

Perolehan Labuhan tak terbendung dengan 7 emas dan 4 perak. Runner up adalah Medan Barat dengan mengoleksi 2 medali emas. Medan Timur posisi ketiga dengan meraih 1 emas, 2 perak, 2 perunggu.

Medali emas Labuhan dipersembahkan Christian Jhon Levy Manalu dari kelas 75kg putra, Aprilia Sinambela (kelas 50kg putri), Khairani E Hidayah (kelas 54kg putri), Nona Baby Cantika (kelas 57kg putri). Kemudian, Miranda J Pasaribu (kelas 60kg putri), Yusuf Harefa (kelas 54kg putra) dan Sabam Simaremare (kelas 57kg putra).

Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani, MSi salut penyelenggaraan Porkot Medan 2024 memunculkan banyak petinju berbakat. Sehingga perkembangan menggembirakan ini dinilai strategis untuk mempersiapkan petinju ke depannya, terutama menghadapi PON 2028.

“Pertina Sumut sudah punya petinju untuk menghadapi PON 2024 ini, berarti hasil Porkot Medan 2024 ini, akan menjadi modal bagi kita menghadapi PON 2028 mendatang,” ujar Drs Eddy H Sibarani MSi.

“Terus terang, dengan banyaknya peserta cabor tinju Porkot Medan tahun ini dan banyaknya muncul bibit petinju berbakat, kita bisa berharap banyak,” ucap Eddy H Sibarani.

Eddy mengaku bangga dengan jumlah petinju yang tahun ini yang mencapai hingga 93 petinju. Jumlah ini dinilai cukup banyak, apalagi mengingat cabor tinju sempat absen di Porkot tahun lalu. Dijelaskan, sebanyak 93 petinju ikut Porkot Medan kali ini, mewakili 16 kecamatan, bertanding pada 14 kelas.