Ditargetkan 7.695 Rumah di Sumut Terima Bantuan Sambungan Listrik Gratis

Anggota Komisi VII DPR RI, Hendrik Sitompul bersama masyarakat menerima bantuan sambung listrik gratis di Kabupaten Deliserdang.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - PT PLN (Persero) menargetkan 7.695 rumah tangga kurang mampu di Sumatera Utara (Sumut) akan menerima bantuan sambung listrik gratis dari Pemerintah Indonesia pada tahun 2024. Bantuan sambung listrik gratis ini, merupakan program bantuan pasang baru listrik (BPBL) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dan mendapat dukungan penuh Komisi VII DPR RI.

Bermain di Sungai, Bocah 10 Tahun di Deliserdang Tewas Tenggelam

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Wiwid Muljadi di acara Sosialisasi dan Penyalaan Pertama Program BPBL Provinsi Sumatera Utara di Desa Cinta Damai, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Rabu 18 September 2024.

Wiwid menjelaskan bahwa program ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik serta mengurangi penyambungan ilegal melalui penarikan kabel ke tetangga.

Mobil Tertimpa Pohon di Kabupaten Langkat, Tewaskan 3 Orang Satu Sekeluarga 

“Dengan program BPBL ini, diharapkan dapat membawa multiplier effect pada upaya meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat. Dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga,” ungkap Wiwid menyampaikan sambutan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan.

Lebih lanjut, Wiwid menjelaskan bahwa program BPBL tahun 2024 akan menyasar 122.000 rumah tangga. Jika anggaran tambahan sudah tersedia akan ditingkatkan menjadi 150.000 rumah tangga yang tersebar di 36 Provinsi.

Polisi Tangkap 4 Pria Diduga Terlibat Penembakan Pelajar di Sergai Hingga Tewas

Anggota Komisi VII DPR RI, Hendrik Sitompul menyampaikan harapannya agar program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini dapat terus berlanjut. Tidak lepas mengapresiasi langkah-langkah dilakukan PT PLN selama ini. “Kami berterima kasih kepada Ditjen Gatrik Kementerian ESDM yang telah menyelanggarakan program ini, ini bisa memberikan perhatian kepada masyarakat. Kami harap program ini berkelanjutan kedepannya,” ungkap Hendrik.

General Manager PT PLN (Persero) UID Sumatera Utara Saleh Siswanto menyampaikan bahwa program BPBL merupakan tugas mulia dalam berkontribusi melistriki masyarakat. “Kami menjalankan tugas mulia dari Kementerian ESDM dengan dukungan penuh dari Komisi VII DPR RI. Ini juga merupakan bukti kami memberikan kontribusi untuk melistriki masyarakat tidak mampu, demi mengingkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Soleh.

Halaman Selanjutnya
img_title