Petinju dan Eks Pemain PSMS Legendaris Jadi Pembawa Api Obor Open Ceremony PON 2024

Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus saat memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Opening Ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut untuk wilayah Sumut, di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Senin malam, 9 September 2024. Dua atlet legenda dari Sumut itu direncanakan akan membawa api obor di acara open ceremony tersebut.

Cerita Cemerlang Pelari Asal Babel Boyong 3 Medali Sekaligus di PON 2024

Kedua atlet nasional itu yakni Syamsul Anwar, atlet petinju dan Iwan Karo-karo, eks pemain PSMS Medan. Diketahui bahwa Syamsul Anwar Harahap adalah petinju berdarah Batak kelahiran 1 Agustus 1952 di Pematangsiantar, Sumut. Sementara Iwan Karo-karo terkenal pesebak bola di era 1980-an di tanah air. Ia berhasil mempersembahkan medali emas pada PON tahun 1989.

“Kedua acara seremoni ini nantinya akan saling terhubung. Nah nanti dalam pelaksanaan kita di Stadion Baharoeddin, ini nanti akan ada tiga sesi, karena kita nanti lebih banyak mengikuti rundown acara yang dari Aceh. Ada sambutan dari Ketua KONI, Menteri Olahraga, dan sambutan dari Presiden RI dan dihadiri Presiden RI terpilih,” ucap Ilyas Sitorus, saat temu pers dengan para jurnalis di Media Center Utama, Jalan Pengadilan Medan, Senin 9 September 2024.

Djumongkas Hutagaol Jadikan Kantor Medan Bus Rumah Pemenangan Edy Rahmayadi

Prosesi penyalaan api sebagai peresmian pembukaan PON di Aceh dan Sumut bakal sama-sama dilakukan dan dapat dilihat oleh seluruh masyarakat. Bukan hanya di Aceh, opening ceremony di Sumut juga akan menampilkan defile para kontingen, penarikan undian, serta penampilan band nasional dan lokal. Open Ceremony PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan dilaksanakan di dua tempat secara bersama.

Pertama di Stadion Harapan Bangsa Aceh dan Stadion Baharoeddin Siregar di Kabupaten Deliserdang. Untuk bisa menuju ke Stadion Baharuddin Siregar itu, kata Ilyas, di hadapan sejumlah wartawan, PB PON sudah menyiapkan 12 suttle bus.

Tim Drumband Sumut Sukses Persembahkan 4 Emas dan 1 Perak di PON 2024

Untuk tahap pertama, ada 4 bus operasional untuk memberikan layanan transportasi yang menunggu di Media Centre Utama yang terletak di Hotel Santika Medan. “Akses masuk ke sana, di samping ID Card bagi kawan-kawan media kita sudah menyiapkan undangan termasuk kupon parkir dan gelang. Yang mendapat gelang sudah termasuk kupon lucky draw,” ujar Ilyas.

Ia berharap, seluruh media bisa menggunakan fasilitas yang sudah disiapkan di media centre utama dan sejumlah venue. Begitu pula sebanyak 20 media center utama yang tersebar di 38 venue di Sumut.

Halaman Selanjutnya
img_title