Program PMM: Transformasi Pendidikan Melalui Integrasi Edukasi dan Eksplorasi Budaya

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.
Sumber :
  • Dok USU

VIVA Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) dalam peningkatan kualitas pendidikan dan menuju kampus internasional, berbagai upaya dilakukan. Hal itu, untuk menciptakan pendidikan yang lebih baik demi menciptakan generasi penerus bangsa yang cemerlang. Dalam upaya tersebut, melalui Program 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)', Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Puji Perkembangan Universitas ST Bhinneka, Dirjen Dikti : PTS Baru Maju Melesat

Program ini, merupakan salah satu bentuk transformasi pendidikan tinggi di Indonesia, yang dirancang untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di universitas lain, menjelajahi budaya baru, dan mengembangkan akademik serta pribadi.

Program yang dicanangkan ini tentunya memberikan iklim akademik yang baru bagi kami mahasiswa di seluruh Indonesia, yang sebelumnya tidak memiliki banyak kesempatan bagi seluruh mahasiswanya untuk mengikuti beragam program pembelajaran di luar kampus.

Medan Utara Jadi Prioritas Pembangunan Yang akan Dilakukan Rico-Zaki

Direktur Pengembangan Pendidikan USU, Ikhsan Siregar ST., M.Eng mengungkapkan melihat bagaimana banyaknya, peminat program PMM ini, tidak terlepas dari beragam manfaat yang didapatkan melalui program ini.

Ikhsan juga memberikan pandangannya mengenai kontribusi Program PMM. Menurut beliau, program ini sangat baik untuk peningkatan kualitas pendidikan karena mahasiswa dapat belajar banyak hal baru dari sisi akademik di tempat penempatan mereka dan memperoleh pengalaman berharga selama berkuliah di universitas lain.

Mendaki Gunung Sibayak di Karo, Mahasiswa USU Tewas Jatuh ke Jurang

"Pelajaran dan pengalaman baru di tempat baru merupakan satu keuntungan besar bagi peserta PMM," ucap Ikhsan, dalam keterangannya, Senin 12 Agustus 2024.

Selain itu, Ikhsan mengungkapkan bahwa manfaat yang paling terasa bagi mahasiswa dan dosen adalah pengalaman bertukar kebudayaan di tempat penempatan. Ikhsan menjelaskan mahasiswa juga dapat beradaptasi dengan lingkungan dan tempat belajar yang baru, serta sharing pengetahuan dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya. Ikhsan Siregar juga menekankan dampak positif program PMM terhadap pengembangan soft skills dan hard skills mahasiswa.

Halaman Selanjutnya
img_title