Luas Kebakaran Hutan Lindung di Danau Toba Samosir Capai 100 Hektare

Kebakaran Hutan Lindung di Danau Toba, Kabupaten Samosir.
Sumber :
  • Dok.Dinas DLH Sumut.

VIVA Medan – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di hutan lindung Siaburung/Dolok Sijonaha, Desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Sedikitnya 100 hektare lahan terbakar.

Prestasi Membanggakan, Mahasiswa UMSU Juara I Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2024

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumut, Yuliani Siregar, mengatakan informasi karhutla itu didapat dari masyarakat anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) Gerbang Berkumis. Karhutla itu terjadi pada, Minggu 14 Juli 2024, sekitar pukul 13.00 WIB. 

"Adapun luas lokasi yang terbakar kurang lebih 100 hektare dan kemungkinan besar masih bertambah. Sampai dengan laporan ini disampaikan kondisi api masih belum padam," ucap Yuliani saat dikonfirmasi VIVA Medan, Senin 15 Juli 2024.

Warga Nahdliyin Siap Menangkan Edy Rahmyadi-Hasan Basri Sagala di Pilgub Sumut

Yuliani mengungkapkan lokasi karhutla berada pada titik koordinat N: 02°34',13" E: 098°39'23". Untuk proses pemadaman api melibatkan personel KPH Wil XIII Doloksanggul, Polres Samosir, TNI, petugas damkar Samosir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samosir, dan masyarakat lokal.

Yuliani mengungkapkan kondisi lokasi kebakaran terjal dan berbukit sehingga tidak ada akses menuju titik api terbesar. Hal itu membuat petugas gabungan belum optimal untuk melakukan pemadaman.

Atlet Barongsai Aceh Tampil Gemilang, Amankan Medali Emas di PON 2024

"Tim saat ini sedang berjaga dan memasuki lokasi yang berpotensi terjadi penyebaran," kata Yuliani.

Kebakaran hutan lindung di kawasan atau perbukitan Danau Toba itu viral di media sosial.