Karya Bimkeragusta Asal Rutan Medan Jadi Cendramata di Forum Peradilan Pidana di Tokyo

Forum Peradilan Pidana untuk Asia dan Pasifik Tokyo 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Rutan Kelas I Medan mengikuti Forum Peradilan Pidana untuk Asia dan Pasifik Tokyo 2024 yang telah terselenggara 24-25 Juni di Jepang menghadirkan perwakilan dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik.

Jamin Hak WBP, Lapas Siborongborong Serahkan Baju Seragam dan Perlengkapan Mandi

Dalam kesempatan itu, Karutan Kelas I Medan, Nimrot Sihotang, menyampaikan paparan dan berdiskusi mengenai upaya untuk mengurangi tindak pidana serta cara penanggulangannya di negara masing-masing perwakilan.

Nimrot Sihotang, menjelaskan forum itu mengambil momen dengan memberikan cendramata hasil dari warga binaannya yang berisi Handbag dan sendal kepada Kepala Delegasi UNAFEI Jepang, bersama Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama Pemasyarakatan, Ibu Marselina Budiningsih dan Edward Putra staf.

Siap Maju Pilkada Toba, Sereida Tambunan Usung Toba Na Ture, Jaa Na Sere

"Cendramata yang diberikan itu hasil bimbingan keterampilan Warga Binaan Permasyarakatan di Rutan Kelas I Medan atau Bimkeragusta upaya untuk mendukung reintegrasi sosial dan ekonomi mantan narapidana ke dalam masyarakat," kata Nimrot, dalam keterangannya, Minggu 30 Juni 2024.

Untuk diketahui, Bimkeragusta juga membuat kerajinan, Pavling blok, papan nama meja, mebeler, menjahit, Sendal, Tas, pertanian, perikanan, pembesaran Ikan Arwana Merah, papan bunga yang bertujuan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memulai kembali kehidupan mereka setelah bebas nantinya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pj Gubernur Sumut: Pancasila itu anugerah yang Maha Kuasa

"Dengan memberikan cendramata hasil Bimkeragusta, menunjukkan dukungan moral kepada mantan narapidana. Sehingga mereka dihargai dan mampu untuk memulai kembali kehidupan mereka dengan percaya diri," ucap Nimrot.

Perlu diketahui Penyelenggara Forum Peradilan Pidana Asia-Pasifik (Crim-AP) ke-3, dari Kementerian Kehakiman Jepang (MOJJ) di Tokyo untuk menindaklanjuti Kongres Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-14. Dimana, United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) tentang Pencegahan Kejahatan dan Peradilan Pidana, atau 'Kongres Kyoto' yang diselenggarakan pada tahun 2021 di Kyoto.

Halaman Selanjutnya
img_title