Sejak Dinihari BBMKG Catat Samosir Alami Gempa Bumi 51 Kali

Gempa bumi terjadi di Kabupaten Samosir.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mencatat aktivitas atau terjadi gempa bumi, di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara sebanyak 51 kali. Berdasarkan data diperoleh BBMKG Wilayah I Medan, bahwa aktivitas gempa terjadi sejak Minggu dini hari, 23 Juni 2024 pukul 02.33 WIB, hingga pukul 08.00 WIB.

Respon Ucapan Bobby Soal APBD Rp5 Triliun, Jubir Edy-Hasan: Tidak Semuanya untuk Infrastruktur

Gempa bumi tersebut, dengan intensitas rendah. "Telah terjadi gempa bumi sebanyak 51 kali dengan kekuatan bervariasi antara M 1.6 - M 3.9, update data sampai dengan hari Minggu, 23 Juni 2024 pukul 08.00 WIB," sebut Petugas BBMKG Wilayah I Medan, Endah Puspita Sari, Minggu pagi, 23 Juni 2024.

Gempa bumi pertama kali, pada pukul 02.33 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M3.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.58° LU dan 98.66° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km BaratDaya Samosir-Sumut pada kedalaman 4 km.

Bobby Sebut APBD Sumut Rp50 Triliun Tidak Kelihatan Apa-apa, Jubir Edy-Hasan: Hitungan Anak TK

"Jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Renun," ucap Endah.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di daerah Pangururan-Samosir dengan skala intensitas III MMI atau Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan atau rumah warga dan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Sosok Pemimpin Diinginkan Masyarakat, Edy-Hasan Didukung Masyarakat Kristen Sumut

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuhnya.