Pemadaman Listrik di Sumut, PLN Beberkan Penyebabnya dan Pemulihan 100 Persen

Warga melihat laptop aaat pemadaman listrik di Kota Medan.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Dua hari belakangan ini, Selasa dan Rabu, 4-5 Juni 2024. Sumatera Utara mengalami pemadaman listrik bergilir, hingga siang ini sejumlah Kabupaten/Kota di provinsi ini. PLN Unit Induk Daerah (UID) Sumut memberikan penjelasan penyebab pemadaman listrik.

Dukung Usaha Produktif, Pertamina Sumbagut Gelar Pertamina UMK Academy 2024

Manajer Komunikasi & TJSL UID PLN Sumut, Surya Sahputra Sitepu menjelaskan listrik padam ini terjadi karena ada gangguan pada Transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat.

"Setelah pemulihan 100 persen, kondisi kelistrikan PLN UID Sumatera Utara pada pukul 02.00 WIB, akibat gangguan pada Transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat," kata Surya saat dikonfirmasi VIVA Medan, Rabu 5 Juni 2024.

Hanya 1 Jam, RSU Royal Prima Berhasil Operasi Parkinson Pertama di Sumut

Petugas PLN memulihkan pemadaman listrik di Sumut.

Photo :
  • Dok PLN Sumut

Surya mengakui masih terjadi pemadaman di sejumlah wilayah di Sumut. Karena saat ini, ditemukan anomali pada sistem kelistrikan transmisi Sumatera. Sehingga diperlukan pengaturan beban yang berdampak terjadi pemadaman kembali. 

Bandara Kualanamu Segera Hadirkan Resto Favorit Bagi Masyarakat

"Meskipun, terjadi padam di Sumatera Utara, namun dampaknya relatif kecil. Secara bertahap, penormalan terus dilanjutkan hingga ke seluruh pelanggan," ucap Surya.

Atas terjadi gangguan dan pemadaman listrik ini, Surya mewakili PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini, kepada pelanggan dan masyarakat luas di Sumut. 

Halaman Selanjutnya
img_title