KPU Sumut Tetapkan Caleg Terpilih Pemilu 2024, Ini Nama-namanya

KPU Sumut gelar sidang pleno terbuka, penetapan jumlah kursi dan calon terpilih hasil Pemilu 2024.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara menetapkan jumlah kursi dan Calon Legislatif (Caleg) terpilih DPRD Sumut, hasil Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Penetapan tersebut, dengan digelar sidang pleno terbuka, dipimpin Ketua KPU Sumut, Agus Arifin dan berlangsung di Aula lantai II, di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, Selasa sore, 28 Mei 2024.

Pengamat Sebut Bandara Kualanamu Berikan Dampak Ekonomi Positif Bagi Sumut

Agus mengungkapkan bahwa sidang pleno terbuka ini, dilaksanakan menindaklanjuti surat KPU RI Nomor: 789/PL.01.9-SD/05/2024 Perihal Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi.

"Kegiatan hari ini KPU Sumut melaksanakan pleno terbuka untuk perhitungan penetapan jumlah kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Sumut hasil pemilu 2024," ucap Agus kepada wartawan, usai sidang pleno.

Sedang Membuat Minum Teh, Pria di Taput Sumut Tewas Tertimbun Longsor

Dalam sidang tersebut, Agus juga menyampaikan agar 100 anggota DPRD Sumut terpilih periode 2024-2029 dan diminta segera membuat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) paling lama 21 hari sebelum pelantikan.

"Kalau tidak bisa dipenuhi sesuai dengan ketentuan dan jadwal yang disampaikan, itu ada sanksi bagi caleg terpilih, sanksinya tidak akan dilantik jadi anggota DPRD Sumut," tutur Agus kembali.

Muliate Simorangkir : Pikiran dan Hati Edy Rahmayadi Semata-mata Hanya untuk Rakyat

Sedangkan untuk jadwal pelantikan, Agus belum bisa memastikan, kapan waktunya akan dilaksanakan. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh KPU Sumut, masa jabatan DPRD Sumut periode 2019-2023 akan berakhir pada tanggal 16 September 2024.

"Tadi informasinya, akhir masa jabatan anggota DPRD hasil pemilu yang lalu tanggal 16 September. Tapi apakah ditanggal itu juga dilantik, itu diluar kewengan provinsi, itu kewenangan ada di Pemerintah Mendagri," jelas Agus.

Daftar nama-nama Caleg Terpilih DPRD Sumut Hasil Pemilu 2024 :

Dapil Sumut I

1. Hasyim (PDIP)

2. Salman Alfarisi (PKS)

3. Muhammad Rahmaddian Shah (Golkar)

4. Ihwan Ritonga (Gerindra)

5. Fajri Akbar (Demokrat)

6. M Faisal (PAN)

7. M Aulia Rizki Agsa (NasDem)

8. Landen Marbun (PDIP)

9. Jumadi (PKS)

10. Irham Buana Nasution (Golkar)

Dapil Sumut II

Halaman Selanjutnya
img_title