30 Warga di Serdangbedagai Diduga Keracunan Makanan Nasi Punjungan

30 warga Desa Sei Bamban Kabupaten Sergai keracunan makanan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Tercatat 30 warga Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara mengalami keracunan makanan, Minggu 12 Mei 2024. Puluhan orang tersebut harus dilarikan ke rumah sakit dan klinik terdekat.

Menkes Tinjau Program Operasi Jantung Pasien Anak di RSUP H Adam Malik Medan

"Mereka mengalami mual, pusing dan muntah," ucap Kepala Seksi Humas Polres Sergai, Iptu Edward Sidauruk, Selasa 14 Mei 2024.

Edward menjelaskan kronologi kejadian peristiwa keracunan makan tersebut bermula ada hajatan khitanan anak, digelar oleh seorang warga berinisial P (41). Dalam acara khitanan anaknya itu, P membagikan nasi punjungan atau rantangan ke warga sekitar.

Wanita Paruh Baya Ditemukan Tewas di Sungai Ular, Usai Dilaporkan Hilang 37 Hari

Namun setelah memakan nasi tersebut, para korban mulai pusing dan mual-mual. Edward mengungkapkan bahwa warga mengalami keracunan lebih dari 30 orang. Namun, sisanya memilih untuk berobat jalan dan usai berobat pulang ke rumah masing-masing.

"Dan ada juga yang tidak mau di infus, pulang langsung kerumahnya," tutur Edward.

Pria Lansia di Sergai Dibunuh Tetangganya, Demi Handphone dan Uang Rp 20 Ribu

Edward mengatakan pihaknya menerima laporan, langsung turun ke lokasi peristiwa keracunan makanan tersebut, dengan mengumpulkan barang bukti dan memeriksa saksi-saksi.

"Sampel makanan sudah dibawa ke laboratorium kemarin," ucap Edward.