Akademisi Desi Pohan Daftar Balon Wabup Batubara, Dorong Pemanfaatan Sumber Daya Daerah

Desi Pohan daftar ke PDI Perjuangan Batubara sebagai Wabup Batubara.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Prihatin dengan angka pengangguran yang tinggi pada daerah yang kaya sumber daya, Dr Ramdeswati Pohan M.S.P pulang kampung untuk berkontribusi dan ikut pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 Bupati dan Wakil Bupati Batubara.

Nikson Nababan Ajak Milenial Aktif di Pilkada Serentak 2024 untuk Memilih Pemimpinnya

Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatera Utara selama dua periode 2014-2022 ini mendaftar sebagai Wakil Bupati Batubara. Ramdeswati menuturkan, motivasinya untuk maju menjadi Wakil Bupati Batubara karena ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat di Batubara.

Ramdeswati yang juga seorang akademisi di perguruan tinggi ini mengatakan, Kabupaten Batubara memiliki potensi daerah yang luar biasa dengan keberadaan sejumlah perusahaan besar seperti perusahaan minyak, KEK Sei Mangke, Pelindo, Inalum, perkebunan sawit, pertanian, perikanan dan lainnya.

PKS Bertemu PDIP, Berpotensi Koalisi dan Usung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut

Ramdeswati Pohan yang akrab disapa Desi Pohan ini juga memaparkan dengan potensi sumber daya alam dan manusia yang besar itu seharusnya masyarakat Batubara sejahtera. Namun data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara menyebutkan angka pengangguran terbuka di tahun 2023 mencapai 6%. Angka ini berada di atas angka pengangguran terbuka di Sumatera Utara yaitu 5,8%.

"Jadi kita melihat persentasi pengangguran ini cukup tinggi. Sementara melihat potensi yang ada, selain keberadaan Perusahan berskala Nasional dan Internasional, sektor pertanian dan perkebunan serta kelautan juga sangat luar biasa, aneh rasanya jika tingkat pengangguran masih tinggi," ujarnya.

Baru Edy Rahmayadi dan Barry Simorangkir yang Mendaftar ke PKS untuk Maju Pilgub Sumut 2024

Melihat potensi tersebut lanjutnya, banyak peluang yang bisa dikembangkan melalui produk atau sumber daya alam di wilayah guna membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saat mendaftar dan mengembalikan formulir di Partai PDI Perjuangan Batubara, Ramdeswati Pohan diterima Ketua Tim Penjaringan Pilkada, Abdullah sembiring bersama Sekretaris DPC PDIP Perjuangan Batubara, Jalasmar Sitinjak.

Jalasmar Sitinjak mengatakan sejak pendaftaran Bupati dan Wakil Bupati dibuka 16 April, hingga 2 Mei 2024, sudah ada lima yang mengambil formulir calon bupati/wakil bupati Batu Bara melalui PDI Perjuangan Batubara.

Halaman Selanjutnya
img_title