Transformasi Pendidikan Melalui Literasi dan Infrastruktur Digital

Webinar Literasi Digital.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan – Dalam menghadapi revolusi digital yang terus berkembang, Indonesia terus memperkuat upaya untuk meningkatkan mutu dan aksesibilitas pendidikan melalui pemanfaatan literasi dan infrastruktur digital yang memadai.

UKT Naik, Ratusan Mahasiswa USU Demo Rektor

Melalui webinar Literasi Digital yang bertajuk 'Literasi dan Infrastruktur Digital dalam Dunia Pendidikan' yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo melalui Ditjen APTIKA bekerjasama dengan DPR RI, diharapkan akan menghasilkan dampak yang signifikan dalam menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Anggota DPR RI Dapil Jambi, H. A. Bakri menjelaskan, masih banyak guru dan siswa yang menghadapi tantangan dalam memperoleh dan menguasai kompetensi digital yang diperlukan untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran.

Soroti Kenaikan UKT, F-PKS DPRD Sumut : Jangan Sampai PTN Menetapkan Melebihi Batas BKT

“Di beberapa daerah, terutama di pedesaan, masih terdapat keterbatasan akses terhadap infrastruktur digital seperti internet yang stabil dan perangkat teknologi yang memadai," sebutnya, dalam keterangannya, Sabtu 27 April 2024.

“Tingkat literasi digital di kalangan guru juga bervariasi, dari yang memiliki pemahaman yang cukup baik hingga yang masih minim pengetahuan tentang teknologi. Hal ini menimbulkan kesenjangan antar guru dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran," tambahnya.

Dukung Program Strategis Negara, Serikat Pekerja Angkasa Pura Aviasi Terbentuk

H. A. Bakri juga menambahkan bahwa, Pendidikan adalah pondasi bagi kemajuan suatu bangsa, dan dalam era digital ini, literasi dan infrastruktur digital telah menjadi faktor kunci dalam meningkatkan mutu dan aksesibilitas pendidikan.

“Guru dan siswa perlu diberdayakan dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi secara efektif untuk pembelajaran dan pengajaran," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title