Pelajar SMPN 3 Binjai Raih Medali Emas Taekwondo Kapolri Cup

Kepala SMPN 3 Binjai, Eka Mutia (kiri) dan Birza Reyvanda Putra (dua dari kiri).
Sumber :
  • M Akbar/VIVA Medan

VIVA Medan - Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5 berlangsung di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, sejak Jumat 1 Maret 2024 dan berakhir Senin 4 Maret 2024. Dalam kejuaraan itu, seorang pelajar dari SMPN 3 Binjai sukses pulang dengan memboyong medali emas.

Jalan Cepat Putra 20 KM, Atlet Jabar 4 Kali Sabet Medali Emas Berturut-turut di PON

Torehan itu diraih Birza Reyvanda Putra dalam kategori Kyorugi Prestasi Kadet Putra Under 45 kilogram. Pelajar yang akrab disapa Birza itu merupakan anak bungsu dari empat bersaudara.

Birza lahir di Sei Semayang, 25 Juli 2011 dari pasangan suami istri Bambang Irwanto (41) dan Iis Anggraini (40). Kepala Sekolah SMPN 3 Binjai, Eka Mutia Khairuma merasa bangga atas prestasi yang telah didapat Birza. 

Prajurit TNI Asal Jabar, Serda M Tegar Raih Medali Emas di Cabor Karate PON 2024

"Alhamdulillah saya sebagai kepala sekolah SMPN 3 Binjai merasa bangga sekali punya siswa Birza Reyvanda Putra, yang kemarin meraih medali emas dalam Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5, Kategori Kyorugi Prestasi Kadet Putra Under 45 Kg," ujar Eka, Senin 18 Maret 2024.

Birza saat ini masih duduk dibangku kelas VII (1 SMP). Karena Birza, ekstrakurikuler taekwondo ditambah di SMPN 3 Binjai.

Raih Emas Karate PON 2024, Karateka Putri Sumut Leica Al Humaira Lubis Ternyata Anak Fotografer

"Karena Birza inilah terinspirasi, karena begitu datang Birza langsung menunjukkan prestasi yang sangat luar biasa. Kami memanggil orangtuanya, dan Alhamdulillah ditanggapi dengan baik oleh orangtuanya. Dan di tahun 2024 ini, kami memasukkan taekwondo salahsatu ekstrakurikuler di SMPN 3 Binjai," ujar Eka. 

Ia berharap kepada Birza, agar akademis tetap nomor satu. "Dan untuk kegiatan taekwondonya memperkuat Birza untuk berprestasi. Dan Birza ini juga masuk pengurusan OSIS, seksi olahraga," ujar Eka. 

Halaman Selanjutnya
img_title