8 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Binjai - Langsa, Selama 3 Hari Beroperasi Tanpa Tarif

Gerbang tol Tanjungpura.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Tiga hari beroperasi, sejak Senin 29 Januari 2024 laluP, PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 8.000 kendaraan melintas Jalan Tol Binjai - Tol Langsa Seksi Kuala Bingai. Kenderaan melintas, didominasi oleh kendaraan pribadi atau Golongan I.

Arus Balik Lebaran 2024, Ruas JTTS Sumut Terus Alami Peningkatan Volume Kendaraan

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menjelaskan pengoperasian tol ini, berdasarkan Surat Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 15/KPTS/M/2024.

Tjahjo mengungkapkan pengoperasian jalan tol, tanpa dikenakan tarif tol alias gratis. Disisi lain, bahwa pelaksanaan pengoperasian jalan tol berjalan lancar dengan antusiasme yang tinggi dari pengguna jalan tol yang ingin melintas.

Volume Kenderaan di JTTS Sumut Meningkat Signifikan, Puncak Arus Balik Lebaran H+4

“Alhamdulillah pengguna jalan tol juga sangat senang karena bertambahnya seksi baru ini. Harapannya pengguna jalan tol sudah lebih memahami tata tertib dan aturan di jalan tol, seperti terkait larangan putar balik di jalan tol, penggunaan bahu jalan dan masih banyak lainnya,” kata Tjahjo, Kamis 1 Februari 2024.

Jalan tol Binjai-Langsa segmen Stabat.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan
Libur Lebaran, Trafik Kendaraan di Tol Indrapura - Lima Puluh dan Binjai - Stabat Meningkat 100 %

Tjahjo menjelaskan bahwa ruas tol ini merupakan salah satu yang dinanti oleh pengguna jalan tol, dikarenakan, jika sudah terhubung secara penuh, jalan tol ini dapat menghubungkan dua provinsi yaitu Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Aceh maupun sebaliknya.

“Dengan manfaat dan peran strategis jalan tol ini, membuat antusiasme pengguna jalan tol yang ingin melintas semakin tinggi, dapat dilihat dari trafik kendaraan selama 3 hari dioperasikan, sejak 29 hingga 31 2024, tercatat sebanyak 8.000 kendaraan melintas yang didominasi oleh kendaraan pribadi atau Golongan I," ucap Tjahjo.

Halaman Selanjutnya
img_title