Pertama di Indonesia, Pabrik BioCNG Resmi Beroperasi di Langkat Sumut

Pabrik BioCNG komersial pertama di Indonesia diresmikan di Langkat.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - PT. KIS Biofuel Indonesia, membangun pabrik BioMethane atau BioCNG komersial pertama di Indonesia. Pabrik yang terletak di Desa Blangkahan, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, resmi beroperasi pada Senin 22 Januari 2024.

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Pabrik ini dibangun dengan skema build own operation and transfer (BOOT) di PT. United Kingdom Indonesia Plantations (Ukindo). Sehingga memiliki energi baru terbarukan, memberikan manfaat secara luas.

Pabrik ini diresmikan Direktur BioEnergy - EBTKE, Edi Wibowo, Bupati Langkat, Syah Afandin dan Managing Director- Unilever Oleo Chemical, Sai Krishna, disaksikan oleh CEO Perkebunan Aglo Timur, Budi dan CEO KIS Group, Kuna Srinivasan dan KR Raghunath.

3 Pelaku Cabul dan Setubuhi Anak Dilepas, Ini Alasan Polres Binjai

Disebutkan, pabrik BioCNG ini merupakan terobosan dan pelopor di Asia Tenggara yang memproduksi energi bersih menggantikan bahan bakar fosil. BioCNG merupakan Compressed Bio-Gas (CBG) yang memiliki energi bersih yang ramah lingkungan, bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar yang dapat diubah menjadi energi listrik, maupun energi lainnya.

CEO KIS Group KR Raghunath menyampaikan, BioMethane/BioCNG perdana dikirim ke Unilever Oleochemical Indonesia untuk digunakan sebagai bahan bakar green menggantikan bahan bakar fosil yang digunakan sebelumnya. Unilever Indonesia menargetkan mencapai NetZero dengan mengganti bahan bakar fosil dengan BioMethane.

Polres Binjai Tangkap Pengedar Sabu Siap Antar Tempat

KR Raghunath juga menyebutkan, untuk memenuhi persyaratan kontrak pasokan Biomethane/BioCNG ke Unilever, Pertamina/PGN/Gagas & Grup MEWAH akan dibangun 25 BioCNG plant, dan peresmian ini untuk projects pertama dari 25 projects.

Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin mengungkapkan rasa bangga dan menyampaikan, BioMethane baru pertama dijalankan di Indonesia, dan PT Ukindo patut dijadikan contoh untuk PT lain di Kabupaten Langkat.

Halaman Selanjutnya
img_title