Viral Kades di Batubara Dukung Paslon 03, Bawaslu Kaji Dugaan Pelanggaran

Ketua Bawaslu Batubara, M Amin Lubis berikan keterangan di Kantor Bawaslu Sumut.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Bawaslu Kabupaten Batubara sudah memanggil dan memeriksa Kepala Desa Lubuk Hulu, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batubara, berinisial S alias B, yang videonya viral di media sosial, mendukung Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Pilkada Langkat, Rizky Yunanda Sitepu Daftarkan Diri ke Tujuh Parpol

Ketua Bawaslu Kabupaten Batubara, M Amin Lubis menjelaskan bahwa viral video Kades ada yang membuat laporan ke Bawaslu Batubara. Sehingga proses penanganan dilakukan sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang-undangan.

"Tentu kami, sudah kejadian ini viral. Ada yang melaporkan (Kepala desa tersebut). Beda hal dengan ini (audio viral), tidak melaporkan," ucap Amin dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu Sumut, Kota Medan, Rabu 17 Januari 2024.

Hakim PTUN Medan Putuskan Pemberhentian dan Penunjukan Korsek Bawaslu Langkat Sah

Amin mengungkapkan pihaknya, sedang mendalami dengan penelusuran terkait ucapan Kades dalam video viral tersebut. Termasuk, memanggil sejumlah saksi, untuk dimintai keterangan.

"Ini sudah kita proses dan sekarang sudah kita panggil Kepala Desanya, ke Kantor Bawaslu Batubara. Kemudian saksi-saksi kemudian pelapor," kata Amin.

Muluskan Langkah Menuju Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke NasDem

Kampanye stop Sara, politik uang, ujaran kebencian dan jaga netralitas ASN, TNI dan Polri.

Photo :
  • Haris Dasril/VIVA Medan

Disinggung dalam penelusuran sementara sudah ada ditemukan pelanggaran pemilu dilakukan oknum Kades tersebut. Amin mengungkapkan sedang dalam kajian dan analisis Bawaslu Kabupaten Batubara saat ini.

Halaman Selanjutnya
img_title