Mendagri RI Tunjuk Nizhamul Jabat Pj Bupati Batubara

Pj Bupati Batubara, Nizhamul.
Sumber :
  • Fanpage Kemenkopolhukam

VIVA Medan - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian menunjuk Nizhamul, sebagai Penjabat (Pj) Bupati Batubara, dikarenakan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Batubara, Zahir-Oky Iqbal Frima akan usai pada 27 Desember 2023 mendatang.

Guru Honorer Ikut Demo Dugaan Kecurangan Seleksi PPPK Langkat Dipecat

Untuk diketahui, Nizhamul saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI. Nizhamul akan dilantik oleh Pj Gubernur Sumut, Hassanudin sebagai Pj Bupati Batubara, di Aula Tengku Rizal Nurdin, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Rabu siang, 27 Desember 2023.

Penunjukan Nizhamul sebagai Pj Bupati Batubara dibenarkan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, Juliadi Harahap. Ia mengatakan sudah menerima Surat Keputusan (SK) Pj Bupati Batubara dari Kemendagri RI.

Pemprov Sumut Jaga Pergerakan Komoditas Pangan

"Iya benar Nizhamul, sudah kita diterima (SK dari Kemendagri penunjukan Pj Bupati Batubara)," sebut Juliadi saat dikonfirmasi VIVA Medan, Minggu siang, 24 Desember 2023.

Disisi lain, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, menunggu arahan dari Pemerintah Pusat terkait dengan Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan tujuh kepala daerah terkait akhir masa jabatan kepala daerah Periode 2018-2023 yang berakhir pada tahun 2024.

Ditaklukkan Uzbekistan, Pj Gubernur Sumut Mengaku Bangga Prestasi Garuda Muda

Juliadi mengungkapkan belum menentukan sikap, sebelum ada petunjuk dari Kemendagri RI. Meski ada 5 Kepala Daerah sudah diajukan tiga nama calon Pj Bupati tersebut.

"Kita menunggu (Pemerintah Pusat), apakah ada turunan atau tidak?. Apakah bisa langsung diimplementasikan, karena keputusan MK tidak bisa langsung mengikat," ucap Juliadi.

Halaman Selanjutnya
img_title