Buron 4 Bulan, Eks Rektor UIN Sumut Ditangkap Kejari Medan Kasus Korupsi Ma'had Mahasiswa

Mantan Rektor UIN Sumut, Prof Saidurrahman diamankan Kejari Medan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Persembunyian Prof Saidurrahman, selama 4 bulan menjadi buronan dan masuk daftar pencarian orang (DPO), berakhir sudah. Setelah tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menangkap Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara itu.

Propernas Nusa Dua Optimis Tren Positif, Pengajuan NUP Cluster Alyxia Terus Meningkat

Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Medan, Mochammad Ali Rizza mengungkapkan Prof Saidurrahman berhasil ditangkap di sekitaran Kota Medan, Senin sore, 27 November 2023.

"Penangkapan ini didasarkan pada Surat Penangkapan DPO No.1543 tanggal 3 Agustus 2023. Dimana, yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pungutan ma'had yang saat ini sedang berjalan sidangnya," jelas Ali kepada wartawan.

Kasus Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Sita Pabrik Sawit dan Bangunan Diduga Kantor NasDem Milik Erik

Untuk diketahui, Saidurahman kembali ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan korupsi program wajib Ma’had bagi mahasiswa yang dikelola Badan Layanan Umum (BLU) Tahun Anggaran (TA) 2020-2021. Dia masuk dalam DPO Kejari Medan lantaran berkali-kali mangkir saat akan diperiksa.

Atas perbuatannya, Saidurrahman diduga melakukan tindak pidana korupsi yang melanggar Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 Jo. Pasal 18 Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 Dilaksanakan di Unimed

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Medan, Mochammad Ali Rizza menjelaskan bahwa Prof Saidurrahman ditangkap di sekitaran Kota Medan, dan selama DPO. Dia berpindah-pindah tempat tinggal di Kota Medan dan Pulau Jawa.

"Kegiatan yang bersangkutan (selama buron) melibatkan perjalanan bolak-balik ke daerah Jawa, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), ke kampungnya di Labuhanbatu Selatan, dan juga ke Deliserdang," tutur Ali.

Halaman Selanjutnya
img_title