Edukasi Masyarakat, Tuan Guru Ganjar Ungkap Manfaat Hidroterapi Ketika Wudu

Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut edukasi masyarakat manfaat wudhu.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Wudu memiliki manfaat yang ternyata masih banyak tidak diketahui umat muslim, salah satunya sebagai hidroterapi. Hal ini diungkap sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumatera Utara (Sumut) mengedukasi manfaat hidroterapi ketika berwudu kepada warga Kabupaten Asahan, Sumut.

Operasi Serentak 'Jagratara', Kantor Imigrasi TBA Tingkatkan Pengawasan

Edukasi bertajuk ‘Terapi dan Manfaat Wudu untuk Kesehatan Jasmani’ itu digelar di Majelis Taklim Nurul Yakin, Desa Sei Kapayang Tengah, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Sumut, Jumat 29 September 2023.

“Kita melaksanakan kegiatan rutin kita untuk menebarkan lebih banyak manfaat kepada masyarakat,” kata Koordinator Wilayah Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut, Zulfi Andika.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Dalam kesempatan tersebut, Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut menerangkan dampak positif terhadap kesehatan jasmani akan dirasakan ketika berwudu. Zulfi mengatakan, kontak antara air, proses membasuh, dan permukaan yang dibasuh menjadi sarana terapi kesehatan menggunakan media air atau biasa disebut hidroterapi.

Sehingga air wudu yang membasahi kulit wajah, kulit tangan dan kaki, serta kuku tidak hanya membersihkan dari kotoran, tetapi berpotensi untuk hidroterapi dan menjaga kesehatan.

Sambut HBP Ke-60, Lapas Siborongborong Periksa Kesehatan Pegawai dan Warga Binaan

“Wudu ini ada manfaat hidroterapi yang sangat banyak kalau kita lihat. Yang paling umum kita bisa melancarkan peredaran darah, juga menghindari kerutan-kerutan dan bisa menjaga konsentrasi dan fokus,” kata Zulfi.

Zulfi mengatakan, materi ini memberikan wawasan positif agar warga di Kabupaten Asahan semakin semangat menjaga kesehatannya melalui cara-cara yang penuh keberkahan, seperti berwudhu. Tak ketinggalan, Zulfi mengajak warga Kabupaten Asahan untuk selalu menggelorakan kegiatan positif dan menyebarkan pesan-pesan kebaikan di lingkungan sekitar. Sebagaimana yang kerap disampaikan Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
img_title