Kanim TBA Musnahkan Arsip 2018-2020 Sebanyak 55.093 Berkas

Kanim TBA memusnahkan arsip substantif keimigrasian tahun 2018-2020.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Asahan (TBA) melakukan pemusnahan arsip substantif keimigrasian tahun 2018-2020, dengan cara dibakar. Pemusnahan itu, berlangsung di Kantor Imigrasi TBA, Selasa 26 September 2023.

Operasi Serentak 'Jagratara', Kantor Imigrasi TBA Tingkatkan Pengawasan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Asahan, Wawan Anjaryono, menjelaskan bahwa pemusnahan arsip tersebut, berdasarkan Surat Kepala Arsip Nasional RI No.B-KN.00.01/187/2023 tanggal 08 September 2023.

Wawan juga mengungkapkan bahwa pemusnahan arsip merupakan tahap terakhir dalam siklus informasi, dan merupakan langkah yang krusial, untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data yang sensitif.

Tersangka PPPK Batubara, Ternyata Caleg Bertarung di DPRD Sumut dengan Raih Suara Tertinggi

"Sebagai sebuah organisasi, kami berkomitmen untuk menjaga kepercayaan dan integritas informasi yang telah dipercayakan kepada kami oleh para pemangku kepentingan. Oleh karena itu, kami melaksanakan pemusnahan arsip dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme," ucap Wawan.

Wawan menjelaskan pemusnahan arsip bukanlah hanya tugas teknis semata. Tetapi, juga merupakan upaya untuk melindungi privasi individu, menjaga kepatuhan hukum, dan memastikan bahwa informasi yang tidak relevan tidak disalahgunakan.

Pembangunan Jalan di Sumut, Presiden Jokowi AKui Gelontorkan Rp868 Miliar

"Dengan melakukan pemusnahan arsip secara berkala, kami dapat memastikan bahwa hanya informasi yang benar-benar dibutuhkan yang tetap ada, sementara yang lainnya dihapus secara aman," tutur Kakanim.

Adapun jumlah arsip yang dimusnahkan yaitu: Permohonan DPRI sebanyak 54.920 berkas, ITK 93 berkas, SKIM 1 berkas, Perubahan Nama Paspor 15, Perubahan Alamat Tinggal 5, Persetujuan Keberangkatan atau pemulangan orang Asing 59 berkas. Total arsip yang dimusnahkan adalah 55.093 berkas.

Halaman Selanjutnya
img_title