BPS Sumut Peringati HSN Tahun 2023, Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju

Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin melakukan penanaman pohon usai memimpin apel Hari Statistik Nasional 2023 di Kantor BPS Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara menggelar kegiatan dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) 2023, berlangsung di Kantor BPS Sumut, Kota Medan, Selasa 26 September 2023.

Kantor LPS Kini Hadir di Medan, Siap Berikan Pelayanan Optimal Kepada Masyarakat

BPS Sumut dalam kegiatan tersebut, menggelar apel dan penyerahan piagam penghargaan Satyalencana Karya Satya, serta melakukan penanaman pohon. Apel yang dipimpin Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin diikuti seluruh pegawai di jajaran BPS Sumut maupun perwakilan dari BPS yang ada di kabupaten/kota di Sumut. 

Usai kegiatan apel dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan penanaman pohon. Dalam apel tersebut, Kepala BPS Sumut membacakan Amanat Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik, Atqo Mardiyanto yang menyampaikan bahwa HSN merupakan elemen penting dari sejarah panjang perjalanan statistik nasional, yang menandai terbitnya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik. 

Gerakan ABC Dapur MasteRasa Bagikan 12.000 Paket Kebaikan Ramadan di Medan

Undang-undang ini, merupakan titik awal perjalanan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan di bidang statistik, yang sebelumnya diatur berdasarkan sistem perundang-undangan kolonial. 

"HSN bukanlah momen perayaan milik BPS saja, namun merupakan hari penting dan bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia. Karena itu, momen HSN sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh suka cita oleh seluruh masyarakat Indonesia," ucapnya.

Bank Sumut Siap Berkolaborasi dalam Mendorong Perkembangan UMKM

Disebutkan, tema HSN tahun ini adalah 'Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju'. Tema ini dipilih untuk menunjukkan pentingnya peran statistik dalam mewujudkan Indonesia Maju menyongsong Indonesia Emas 2045. 

"Momen penting ini menjadi tumpuan kita untuk menjadi bangsa yang kuat dan memiliki peran penting di kancah internasional. Kita pun dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dan statistik menjadi bagian penting dalam langkah perjuangan ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title