Rabu Besok, Tol Binjai-Langsa Resmi Beroperasi Tanpa Dikenakan Tarif

Gerbang tol Kuala Bingai.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan jalan tol segmen Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 kilometer, pada Rabu besok, 20 September 2023, Pukul 07.00 WIB. Sebelumnya, Hutama Karya terlebih dahulu mengoperasikan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 12,3 kilometer, sejak 11 Februari 2022, lalu.

Guru SD Tewas Tersambar Kereta Api di Kota Medan

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menjelaskan pihaknya, selama fase pengoperasian, akan dilakukan sosialisasi sistem beroperasi tanpa biaya dan penggunaan kartu uang elektronik.

“Kartu uang elektronik saat ini, merupakan alat transaksi yang sangat krusial terutama di jalan tol. Dikarenakan saat ini, sudah serba cashless. Sehingga kami imbau bagi pengguna jalan tol yang ingin melintas untuk dapat mengecek keadaan fisik dan saldo kartu uang elektronik terlebih dahulu,” kata Tjahjo, Selasa 19 September 2023.

Arus Balik Lebaran 2024, Ruas JTTS Sumut Terus Alami Peningkatan Volume Kendaraan

Tjahjo mengungkapkan untuk estimasi tarif segmen Stabat-Kuala Bingai akan pihaknya, informasikan setelah Kepmen tarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian PUPR. Namun, dapat diperkirakan sekitar 1.262/Km.

“Selama masa sosialisasi, yang belum berbayar hanya Stabat hingga Kuala Bingai dan sebaliknya saja, jadi pengguna jalan yang melintas dari arah Binjai ke Stabat atau sebaliknya tetap dikenakan tarif normal," tutur Tjahjo.

Volume Kenderaan di JTTS Sumut Meningkat Signifikan, Puncak Arus Balik Lebaran H+4

Tjahjo mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan tol, dengan terus mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku sesuai dengan tagline kampanye keselamatan berkendara yang dipelopori oleh Hutama Karya yaitu Selamat Sampai Tujuan (SETUJU).

SETUJU dengan 5 poin utama diantaranya yakni SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu, SETUJU pastikan kondisi kendaraan prima, SETUJU tidak ngebut di jalan tol, SETUJU untuk istirahat jika lelah dan SETUJU Zero ODOL di jalan tol.

Halaman Selanjutnya
img_title