Lapas Binjai Gandeng BNNK Cek Urine Petugas

Kalapas Binjai, Theo Adrianus Purba ikuti pemeriksaan tes urine BNNK Binjai.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Binjai menggandeng Badan Narkotika Nasional Kota Binjai melakukan pemeriksaan tes urine, Kamis 14 September 2023. Sebanyak 122 orang petugas Lapas Binjai yang dilakukan pemeriksaan tes urine.

Peredaran Pil Ekstasi di Diskotek SS Diungkap Polres Binjai, 2 Pengedar Ditangkap

Kalapas Binjai, Theo Adrianus Purba sebagai orang pertama yang memberikan urinenya kepada petugas. Setelah Theo, lalu diikutin para pejabat lain dan petugas Lapas Binjai. Theo menyatakan, pemeriksaan tes urine dengan menggandeng BNNK Binjai dalam rangka melaksanakan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Menurutnya, bukan kali ini saja jajaran petugas Lapas Binjai melakukan pemeriksaan tes urine. Namun, pemeriksaan tes urine itu dilakukan secara berkala, setiap 3 bulan sekali. Menurutnya, upaya itu dilakukan sebagai bentuk meminimalisir pengguna narkoba di lingkungan aparatur sipil negara (ASN).

Polres Binjai Tangkap Pengedar Sabu Siap Antar Tempat

"Kami sebagai ASN di Lapas Binjai, harus melakukan pengawasan melekat kepada para petugas kami. Salah satu mekanisme yang digunakan tes urine, untuk mengukur bagaimana perilaku dari pegawai kami, apakah ada terindikasi menggunakan narkoba atau tidak," ujarnya.

Baginya, seorang ASN di lingkungan Lapas Binjai terindikasi sebagai pengguna narkoba, dapat memberikan dampak, terutama kinerjanya.

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap dan Tersangka Kasus Narkoba, Profilnya Mengejutkan

"Karena ini juga dampaknya akan sangat tidak baik, terhadap kinerja dan juga organisasi. Lewat mekanisme tes urine ini, mudah-mudahan nanti kami bisa ketahui bagaimana hasilnya," bebernya.

Karena itu, ia berharap, seluruh pegawai Lapas Binjai tidak ada yang terindikasi sebagai pengguna narkotika.

Halaman Selanjutnya
img_title