Gempa Bumi Magnitudo 3,9 Guncang Karo Sumut, Sidikalang Bergetar

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVA Medan - Gempa bumi guncang Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dengan kekuatan magnitudo 3,9. Gempa bumi itu, terjadi pada Minggu malam, 10 September 2023, sekitar pukul 21.40 WIB.

Bendungan Lau Simeme di Deliserdang Ditargetkan Selesai Juni 2024

"Hasil analisa BMKG, menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 2.94 LU dan 98.53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km Tenggara Kabupaten Karo Sumatera Utara pada kedalaman 10 km," ucap Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Hendro menjelaskan jenis dan mekanisme Gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar lokal di Kabupaten Karo.

Ini Tampang Pelaku Perampokan Turis Prancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, berupa guncangan dirasakan di Kabanjahe atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, Sidikalang getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," jelas Hendro.

Hendro mengatakan hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan.

Dilaporkan Hilang di Bukit Sipiso-piso, SAR Gabungan Evakuasi Turis Perancis dalam Keadaan Selamat

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," sebut Hendro.