Pertarungan Dapil Sumut III DPR RI, Mulai Eks Gubernur hingga Mantan Terpidana Korupsi

Ilsutrasi peserta Pemilu 2024. (Dok VIVA)
Sumber :

VIVA Medan - Dua mantan Gubernur di Indonesia ini, ikut menghiasi line up Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara III untuk bersaing merebutkan kursi di DPR RI masa jabatan 2024-2029. Selain itu, juga banyak eks kepala daerah, incumbent yang kembali bersaing hingga mantan terpidana.

KPK Sita Rumah Bupati Labuhanbatu Nonaktif Erik Adtrada Ritonga Senilai Rp5,5 Miliar

Kedua mantan Gubernur itu, yakni mantan Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat dari PDI Perjuangan, dan H Irwan Prayitno merupakan mantan Gubernur Sumatera Barat. Ia merupakan Bacaleg dari PKS. Dua mantan Gubernur bertarung dalam satu dapil, berdasarkan pengumuman Daftar Caleg Sementara (DCS) melalui website Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dikutip VIVA, Kamis 31 Agustus 2023.

Mantan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Photo :
  • Facebook Irwan Prayitno
Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Untuk diketahui, Irwan adalah Gubernur Sumbar periode 2010-2015 dan 2015-2020. Saat bertarung di Pilkada Sumbar, ia diusung PKS. Sedangkan, Djarot menjabat Gubernur DKI pada tahun 2017, menyelesaikan sisa jabatannya. Saat ini, Djarot menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

Dapil Sumut 3 untuk DPR RI meliputi Kabupaten Asahan, Batubara, Dairi, Karo, Langkat, Pakpak Bharat, Simalungun. Kemudian, Kota Binjai, Pematangsiantar dan Tanjungbalai.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUPH Adam Malik

Selain Irwan dan Djarot, di Dapil ini ikut bertarung dari mantan Kepala Daerah lainnya, incumbent, ketua partai tingkat provinsi, mantan Menteri hingga mantan narapidana tindak pidana korupsi menghiasi line up Bacaleg di dapil Sumut 3 ini.

PKB ada Ali Umri, yang merupakan mantan Walikota Binjai. Gerindra ada Djohar Arifin Husin (incumbent), PDI Perjuangan ada Junimart Girsang (incumbent), Golkar ada Ahmad Doli Kurnia Tanjung (incumbent). NasDem ada Nurhajizah Marpaung merupakan mantan Wakil Gubernur Sumut tahun 2017 hingga 2018.

Halaman Selanjutnya
img_title