7 Ruko di Deliserdang Sumut Roboh, Korban Sebut Ada yang Renovasi

Lokasi 7 unit ruko di Jalan Binjai-Stabat Desa Tandem Hulu II Kecamatan Deliserdang, Sumut roboh.
Sumber :
  • M Akbar/VIVA Medan

VIVA Medan - Sebanyak 7 rumah toko di Jalan Lintas Binjai-Stabat, Desa Tandam Hulu II Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) mendadak roboh tanpa diketahui penyebabnya, Jum'at 25 Agustus 2023 sekitar pukul 11.30 WIB. Ke-7 ruko itu, kini rata dengan tanah.

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Buntut ruko roboh, rumah milik Ahmad Siregar yang bersebelahan, terdampak. Garasi yang terparkir mobil escudo warna silver BK 1076 DQ, tertimpa reruntuhan ruko yang roboh tersebut. Peristiwa itu menghebohkan masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang melintas.

Akibatnya, kemacetan mengular panjang dari arah Binjai menuju Stabat maupun sebaliknya. Sebelum kejadian, Ahmad sedang duduk di ruang tamu. Ia mendengar jeritan dari masyarakat di luar rumahnya untuk lari keluar. Istri Ahmad pun nyaris jadi korban.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

"Istri lari dari dapur mau keluar ke arah garasi, lalu saya tarik. Kalau seumpama gak saya tarik, ketimpa lah istri, jadi korban," ujarnya.

Sebelum kejadian, ia bilang baru pulang untuk persiapan Salat Jumat. Saat itu, hanya berdua saja bersama istri di rumah. Selain garasi dan mobil, Honda Vario warna putih dan kamar rumahnya, terdampak reruntuhan ruko roboh tersebut.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Mobil salah seorang pemilik ruko yang roboh tertimpa puing bangunan.

Photo :
  • M Akbar/VIVA Medan

Ditanya firasat sebelum kejadian, ia menyebut tidak ada. Tidak ada korban jiwa akibat dari 7 ruko yang roboh itu. Namun demikian, kerugian ratusan juta rupiah dialami ASN Dinas PUPR Langkat, Deliana (49) selaku pemilik ruko.

Halaman Selanjutnya
img_title