Investasi Sumut Tumbuh Pesat, Sekda Arief: Target Rp50 Triliun

Sekdaprov Sumut, Arief Sudarto Trinugroho.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Realisasi investasi Provinsi Sumatera Utara semester I tahun 2023 mengalami pertumbuhan 15,75% jika dibanding periode sama tahun 2022. Semester I tahun 2023 realisasi investasi mencapai Rp22,206 triliun, sedangkan pada tahun 2022 mencapai Rp19,184 triliun.

Akademisi Desi Pohan Daftar Balon Wabup Batubara, Dorong Pemanfaatan Sumber Daya Daerah

Menyikapi hal itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah memberikan dukungan berupa insentif dan kemudahan kepada para investor. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, telah berkomitmen kuat untuk meningkatkan nilai investasi di Sumut.

Pemprov Sumut telah mengeluarkan peraturan daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2023 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi. Begitu banyak peluang dan kerja sama yang dapat kita jalin. Di tahun 2023 ini target investasi di Sumut Rp50 triliun,” ucap Arief kepada wartawan di Medan, Kamis 24 Agustus 2023.

Propernas Nusa Dua Optimis Tren Positif, Pengajuan NUP Cluster Alyxia Terus Meningkat

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumut Faisal Arif Nasution menambahkan, pada tahun 2022 realisasi investasi di Sumut mencapai Rp41,676 triliun. Jumlah ini melampaui dari yang ditargetkan sebesar Rp39,3 triliun. Jadi, katanya, Sumut siap menyambut para investor baik investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA).

Faisal juga mengatakan, investasi di Sumut tumbuh pesat karena lokasinya strategis serta banyaknya potensi investasi. Seperti di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, Kawasan Industri Medan (KIM), Danau Toba Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Bus Rapid Trans (BRT) Mebidangro, dan Sport Centre, Kawasan Industri Kuala Tanjung, dan Airport City Kuala Namu.

Dedi Iskandar Kagum Lihat Produk-produk Hasil Binaan di Rutan Kelas I Medan

Di tahun 2023 ini melalui North Sumatra Invest telah menjaring/maping project dari 33 kabupaten/kota di Sumut untuk masuk menjadi prioritas dipromosikan dan sedang persiapan dokumen Investment Project Ready to Offer (IPRO), yaitu Pembangunan Pusat Pasar Brastagi di Kabupaten Karo.

Objek wisata di kawasan pelabuhan lama dan pengembangan kawasan wisata Pulau Poncan di Kota Sibolga, pengembangan pelabuhan perikanan dan kawasan wisata di Nias Utara, kawasan Bukit Lawang Tangkahan di Langkat, dan PT Dirga Surya untuk pembangunan MICE.

Halaman Selanjutnya
img_title