Jaga Jas Merah, Srikandi Ganjar Sumut Jelajah Sejarah Sigale-gale

Srikandi Ganjar Sumut Jelajah Sejarah Sigale-gale di Samosir.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Menjaga serta melestarikan sejarah dan budaya dilakukan sukarelawan Srikandi Ganjar Sumatera Utara (Sumut) dengan menggelar kegiatan bertajuk 'Jelajah Sejarah Sigale-Gale dan Menari'.

Semarak Sambut PON, 425 Pelari Bertarung Jadi Tercepat di Bukit Lawang Orangutan Trail 2024

Jelajah sejarah ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang dinilai peduli terhadap adat budaya Nusantara digelar bersama Perempuan Milenial Samosir di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara pada Jumat 11 Agustus 2023.

Hal ini dilakukan memegang istilah 'Jas Merah', jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah yang menjadi motivasi Srikandi menggelar kegiatan ini. Mereka ingin agar generasi muda penerus bangsa tidak lupa dengan cerita mengenai tanah air tempat mereka dilahirkan.

Peningkatan Literasi Digital, Perpusnas Bantu 525 Desa di Sumut Pengembangan Perpustakaan

"Terinspirasi dari sosok Pak Ganjar yang selalu mensupport mengenai adat budaya terutama sejarah, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali dan memperkenalkan kepada perempuan sejarah-sejarah maupun legenda-legenda yang ada di Samosir ini khususnya," ujar Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sumut, Firda Annisa Sirait.

Diawali dengan penjelasan mengenai sejarah Sigale-Gale oleh Pemandu Wisata Sigale-Gale Anderson Sigiro, para peserta tampak antusias mendengarkan secara seksama pemaparan tersebut. Kemudian, Anderson pun mengajarkan berbagai tarian kepada seluruh peserta di antaranya tari tor-tor. Kemeriahan acara kian terasa saat Anderson mengajak langsung puluhan peserta itu untuk ikut menari bersama. Cantiknya ulos yang disematkan di bahu mereka menambah ayu tarian gemulai para peserta saat mengikuti rangkaian instruksi dari pemandu. Menurut Anderson lokasi tersebut menjadi ramai setelah lokasi itu dijadikan tempat wisata.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

"Sigale-Gale sekarang dibuat menjadi objek wisata setelah Samosir ataupun tomok dijadikan wisata," ungkap Anderson.

Melalui kegiatan ini, Srikandi Ganjar berharap nantinya kisah Sigale-Gale terus dikenang sepanjang masa, atau bahkan ikon yang menjadi tempat wisata itu makin terkenal di mata dunia.

Halaman Selanjutnya
img_title