Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Tapanuli Utara

Titik gempa di Tapanuli Utara
Sumber :
  • BMKG

VIVA Medan – Gempa bumi dengan magnitudo 4,4 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), sekitar pukul 06.58 WIB, Selasa pagi, 27 Juni 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat lokasi gempa berada di titik koordinat 2.03 Lintang Utara dan 99.01 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 kilometer pada kedalaman 5 kilometer. 

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho menjelaskan jenis serta mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episentreum dan kedalaman hiposentrum yang mengguncang Tapanuli Utara.

“Gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar Sumatera pada segmen Toru," ucap Hendro, Selasa pagi, 27 Juni 2023. 

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

Hendro mengatakan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut, dalam skala III-IV MMI.

"Dirasakan (guncangan gempa bumi) oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu gemerincing, dan dinding berbunyi," ucapnya.

Mengucap Bismillah, Musa Rajekshah : Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Kemudian, gempa susulan dengan magnitudo 3,8 juga terjadi pada pukul 07.27 WIB. Lokasi gempa kali ini berada di kedalaman 3 kilometer yang dirasakan di Tarutung.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang enggak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkas Hendro.