3.388 Peserta SNBT 2023, Lulus Lanjut Kuliah di USU

Rektor USU, Prof Dr Muryanto Amin meninjau UTBK-SNBT di Kampus USU.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA MEDAN

VIVA Medan - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023. Tercatat, sebanyak 3.388 peserta lulus masuk Universitas Sumatera Utara (USU). Untuk diketahui, USU masuk dalam jajaran 20 besar PTN dengan total penerimaan terbanyak untuk jalur SNBT 2023.

Khofifah Serahkan SK Ketua IKA Unair Wilayah Sumut Kepada Bakhrul Khair Amal

"Pada pengumuman tersebut, Universitas Sumatera Utara menempati posisi ke-9 dari 10 besar nasional Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia dengan pendaftar mahasiswa terbanyak, yakni 41.701 orang," kata Wakil Rektor I USU, Dr Edy Ikhsan, SH, MA, Selasa petang, 20 Juni 2023.

Edy mengatakan USU juga menempati peringkat ke-16 secara nasional, program studi PTN se-Indonesia dalam tingkat keketatan peminat, yang diduduki oleh Program Studi Gizi USU dengan rasio keketatan 1,64 persen. Jumlah mahasiswa baru USU yang diterima melalui KIP Kuliah untuk jalur SNBT tahun 2023 berjumlah 935 orang, atau sekitar 27,6 persen lebih dari total mahasiswa yang diterima pada jalur ini.

Cetak Mahasiswa Kreatif dan Terampil Berkomunikasi Melalui Pilmapres Unimed 2024

“USU menambah quota untuk penerimaan SNBT dari 30 persen menjadi 40 persen dari keseluruhan quota penerimaan (SNBP, SNBT dan SMM). Kebijakan ini diambil untuk memberi peluang yang lebih besar kepada calon mahasiswa untuk bisa menikmati pendidikan di USU dengan skema Uang Kuliah Tunggal (UKT). Alokasi SMM (Seleksi Masuk Mandiri) sendiri dikurangi dari 50 persen quota menjadi 40 persen,” ucap Edy.

Program studi saintek dengan keketatan tertinggi di USU pada seleksi kali ini ditempati oleh Program Studi Gizi, Ilmu Komputer, Pendidikan Dokter. Sementara untuk rumpun Program studi soshum, keketatan tertinggi ditempati oleh Prodi Komunikasi, Psikologi dan Kewirausahaan. Provinsi Sumatera Utara merupakan penerima lulusan dengan status KIPK terbanyak ke tiga, yakni 7.020 peserta.

Unimed Terima 2.621 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Sementara itu, Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S Sos, M Si, menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang telah berhasil lulus melalui jalur SNBT 2023.

"Saya berharap bagi peserta yang belum lulus agar tidak berkecil hati dan menyerah, karena masih ada satu jalur penerimaan lagi yang bisa dicoba, Seleksi Mandiri," kata Muryanto.

Halaman Selanjutnya
img_title