Bawa Peserta PKA Stula ke Bali, BPSDM Sumut Tingkatkan Kompetensi Pejabat

BPSDM Sumut tingkatkan kompetensi pejabat.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membawa peserta Studi Lapangan (Stula) ke Provinsi Bali, Kamis kemarin, 16 Juni 2023.

Dorong Upaya Inovasi, Penandatanganan Kesepakatan KAD Karo, Dairi dan Langkat

Rombongan yang dipimpin langsung Kepala BPSDM Sumut Aprilla H. Siregar berkunjung ke Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali, dan selanjutnya dibawa ke beberapa OPD untuk melihat keberhasilan (success story) penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Provinsi Bali, di antaranya ke Kantor Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Kantor Camat Kuta Utara Kabupaten Badung.

Aprilla H. Siregar, yang diwakili oleh Kabid Pengembangan Aparatur Badan Kepegawaian Provsu, Pratiwi Mulya Ningrum mengatakan, bahwa 120 peserta PKA yang terdiri dari 3 angkatan Tahun 2023 sengaja dibawa untuk melihat inovasi dan perubahan yang dilakukan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Bali dalam melayani masyarakat pasca Covid-19.

Pamannya Sempat Jadi Sorotan, Ternyata Bobby Nasution Lantik Topan Ginting Sebagai Pj Sekda Medan

"Provinsi Bali salah satu Pemprov yang cepat dalam melakukan pemulihan ekonomi dan pelayanan publik pasca pandemi Covid-19 di Indonesia. Segenap keunggulan kompetitif dan komperatif yang telah diraih Pemprov Bali menjadi dasar bagi kami untuk melakukan _benchmarking_ kesini ," ujar Aprilla dalam pembacaan sambutan.

Menurutnya, para pejabat eselon tiga peserta PKA perlu mengetahui bagaimana _key succes_ sehingga bisa secara cepat dan tepat membuat program yang menyesuaikan dengan perubahan situasi. Juga harus mampu jadi pejabat yang lincah (agile) dalam kondisi apapun.

Perbarindo Sumut Gelar Kompetensi Kualifikasi Direktur BPR dan BRPS

Kepala BKPSDM Provinsi Bali Ketut Lihadnyana yang diwakili oleh Sekretaris I Made Mahadi Sanatana menerima rombongan dengan hangat. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan sekaligus merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan sehingga Pemprov Bali dijadikan tempat pembelajaran bagi para calon pemimpin terbaik di Sumut. Bahkan, kunjungan ini menurutnya, sebagai bentuk apresiasi atas terobosan yang dilakukan pihaknya selama ini di Bali.

"Semoga semua peserta membawa oleh-oleh pengetahuan dan inspirasi yang dapat diimplementasikan di Pemprov Sumut untuk Indonesia yang lebih maju,” ujar dalam sambutan penerimaan peserta.

Halaman Selanjutnya
img_title