Kembali Ciptakan Kemandirian Warga, Usbat Ganjar Latih Bilal Mayit di Langkat

Usbat Ganjar latih Bilal Mayit kepada masyarakat di Langkat.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Perlunya kemandirian warga dalam mengurus jenazah, membuat sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar kembali menggencarkan pelatihan bilal mayit atau memandikan jenazah kepada masyarakat.

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Korwil Usbat Sumut Ustaz Syabrun Jukhoir mengatakan kali ini pelatihan diadakan di Majelis Taklim Al-Huda yang ada di Dusun 5 Slipit, Desa Mangga, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumut. Syabrun mengatakan dalam pelatihan itu dikuti sekitar seratus warga bersama jamaah majelis taklim.

"Kami memberikan pelatihan bagaimana mengurus jenazah atau bilal mayit yang sesuai dengan ajaran agama," kata dia dalam siaran persnya, Selasa 30 Mei 2023.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Dia menuturkan pelatihan ini diadakan untuk menciptakan kemandirian pada masyarakat. Sehingga bila ada kerabatnya yang meninggal, mereka bisa memandikannya secara mandiri.

"Apabila terjadi kekosongan bilal mayit, misal saat banjir, ataupun sebagainya. Maka bila ada bilal mayit di tengah keluarga, maka sudah ada yang memandikan," ujar dia.

Khofifah Serahkan SK Ketua IKA Unair Wilayah Sumut Kepada Bakhrul Khair Amal

Dia menuturkan pelatihan bilal mayit menjadi sangat penting karena memandikan jenazah memiliki dasar hukum fardu kifayah.

"Bilal mayit ini secara hukum itu fardu kifayah. Di saat ada seseorang yang sudah melakukan itu, maka gugurlah kewajiban seluruh orang yang ada di situ," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title