Begini Cara Kerja Bimbel 'Joki' UTBK-SNBT di USU, Dikendalikan dari Kamar Hotel

Seorang peserta UTBK-SNBT diamankan petugas pengawas.
Sumber :
  • Tangkapan layar instagram @terangmedia

VIVA Medan - Wakil Rektor (WR) I Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Edy Ikhsan membeberkan bagaimana sistem kerja bimbingan belajar (Bimbel) mengendalikan 7 peserta, diduga melakukan kecurangan Ujian Tulis Berbasis Komputer, Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) 2023 di USU.

Unimed Terima 2.621 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Ketujuh peserta ini, saat hendak menjalankan ujian UTBK-SNBT ini, pihak Bimbel tersebut, melengkapi mereka dengan peralatan elektronik seperti Handpone, perekam audio dan visual. Alat itu, ditempelkan di badan mereka menggunakan lakban.

Edy mengungkapkan bahwa ketujuh peserta diamankan yang diduga melakukan kecurangan tersebut, merupakan peserta sebuah Bimbel. Namun, dia enggan membeberkan Bimbel asal Medan tersebut. Untuk menjamin kerahasiaan Bimbel berkerja sebagai 'joki'. Edy mengatakan ketujuh peserta tersebut, jangan memberi tahu kepada orang tuanya.

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

"Orang tua tidak tahu, diperalat dipasangkan alat, dipakaikan baju seragam dan jangan memberitahu kepada orang tua," sebut Edy kepada VIVA, Sabtu 13 Mei 2023.

Ketujuh peserta itu, mengikuti UTBK-SNBT dengan lokasi ujian di Kampus USU, Rabu 10 Mei 2023. Mereka diantar dan dijemput oleh pihak Bimbel hingga didandani. Agar peralatan mereka gunakan tidak diketahui untuk mengelabui petugas pengawas. Namun, sia-sia aksi mereka ketahuan.

Kota Mandiri Bekala, Hadirkan Hunian Mewah Harga Merakyat

Barang bukti diamankan dari peserta UTBK-SNBT USU yang gunakan jasa joki.

Photo :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

"Kami menilai siang diamankan itu, jejaring itu masih di Medan semua. Diantar, didandani, dan akan dijemput. Setelah itu, dikumpulkan. Itu dilakukan oleh orang-orang relatif cukup banyak. Diduga melibatkan Bimbel salah satu di Medan kan," sebut Edy.

Halaman Selanjutnya
img_title