Pelayanan Publik Prima, Pemprov Sumut Berharap Ide Kreatif dari Kaum Muda

Sekda Pemprov Sumut, Arief Sudarto Trinugroho pada acara Roadshow Ideathon pelayanan publik prima.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara sangat membutuhkan masukan ide-ide kreatif yang membangun, terutama dari kalangan orang muda untuk pembangunan, di antaranya sektor pelayan publik. Pelayanan publik prima sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

Angkutan Lebaran 2024, KAI Sumut Telah Mengangkut 90.167 Penumpang

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho saat menghadiri acara ‘Roadshow Ideathon Tons of Ideas’ untuk pelayanan publik prima yang diselenggarakan Kementerian PAN RB dan USAID di Ballroom Arya Duta Hotel, Jalan Maulana Lubis, Kota Medan.

"Kita sambut baik kegiatan ini, karena Pemerintah Provinsi Sumut sangat membutuhkan masukan ide-ide yang membangun dari kalangan orang muda. Kita akui hampir keseluruhan ASN di Sumut yang dominan di atas generasi milineal masih sangat sedikit yang memahami digital," ucap Arief S Trinugroho, dikutip Sabtu 13 Mei 2023.

KAI Sumut Catat Hari Kedua Lebaran, Aktivitas Penumpang Capai 10.500 Orang

Hadir di antaranya, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB Diah Natalisa (virtual), Direktur Program USAID Erman Rahman (virtual), mewakili Ombusdman Sumut Edward Silaban, Lembaga Riset, Ormas, serta para mahasiswa dari berbagai universitas di Sumut.

Dijelaskan Arief, pada perkembangan zaman saat ini, di era digital semua sudah sangat dipermudah, termasuk dalam melakukan komunikasi dan menyampaikan ide pada pemerintah. Hal ini jauh berbeda dari generasi sebelumnya yang dirasakan para ASN yang masih berkomunikasi dan menyampaikan ide sacara manual. 

Libur Lebaran 2024, Polda Sumut Terjunkan Polisi Pariwasata Amankan Objek Wisata

"Inilah yang perlu kita lakukan di kalangan ASN, untuk beradaptasi agar bisa mengubah pola pikir dan tindakan untuk mengikuti zaman digital ini. Karena itu, kita mengharapkan ide dari kaum muda yang masih memiliki pemikiran progresif, dan akan kita tunggu ide-ide tersebut utuk kemaslahatan masyarakat," katanya.

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN RB Diah Natalisa yang membuka kegiatan itu menyampaikan bahwa kegiatan ‘Roadshow Ideathon Tons of Ideas’ ini dilaksanakan bertujuan mengajak kaum muda untuk dapat berpartisipasi dalam menyampaikan ide dan solusi dalam pelayanan publik di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title