Diduga Gunakan Jasa Joki, 7 Peserta UTBK 2023 di USU Diamankan, WR I : Sepertinya Ini Jaringan

Barang bukti diamankan dari peserta UTBK-SNBT USU yang gunakan jasa joki.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Sebanyak 7 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer, Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) 2023 di Universitas Sumatera Utara (USU), berhasil diamankan petugas dan panitia UTBK-SNBT USU. Karena, diduga melakukan kecurangan atau menggunakan jasa joki saat menjalani ujian tersebut.

Cetak Mahasiswa Kreatif dan Terampil Berkomunikasi Melalui Pilmapres Unimed 2024

Diamankan 7 peserta UTBK-SNBT itu, dibenarkan oleh Wakil Rektor I USU, Dr Edy Ikhsan dalam keterangan tertulis diterima VIVA, Rabu malam, 10 Mei 2023. Dimana, tujuh peserta diamankan itu, 4 peserta dari Fakultas Kedokteran USU, Fakultas Keperawatan satu peserta, FISIP satu peserta dan Fakultas Psikologi satu peserta.

"Kita apresiasi pengawas ruangan yang sigap melakukan pemeriksaan sehingga upaya kecurangan bisa digagalkan. Ke depan, pihak USU akan memperketat prosedur pengawasan," jelas Edy.

Unimed Terima 2.621 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Edy menjelaskan kronologi diamankan 7 peserta UTBK-SNBT diduga melakukan kecurangan. berawal ditemukan oleh pengawas ruangan yang mencurigai tindak tanduk peserta yang mencurigakan. Setelah itu, pihak pengawas melakukan prosedur pemeriksaan menggunakan metal detector dan hasilnya ditemukan beberapa alat rekam yang dipasang di badan mereka.

Didampingi Kepala Humas, Promosi dan Protokoler USU Amalia Meutia, MPsi, Psikolog. Edy mengungkapkan ketujuh peserta ini diamankan tersebut, kemudian diserahkan kepada pihak kepolisian. Edy menegaskan pihak USU menyerahkannya kepada prosedur hukum yang berlaku. USU sendiri berharap polisi bisa membongkar kasus ini, karena ada juga dugaan sindikat bimbingan belajar yang terlibat.

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

"Kalau kita lihat pola-pola yang dilakukan sepertinya ini berjaringan. Alat yang mereka gunakan, pakaian yang digunakan serta keterangan dari beberapa pelaku yang seragam mengarah kepada hal itu. Tapi sekali lagi itu ranahnya pihak yang berwajib," jelas Edy.

Edy Ikhsan yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksanaan UTBK 2023 di USU menjelaskan, kasus juga sudah dilaporkan ke panitia pusat Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang menanggungjawabi pelaksanaan UTBK secara nasional.

Halaman Selanjutnya
img_title