Ciptakan Regenerasi, Usbat Ganjar Sumut Latih Remaja Khutbah Jumat

Peserta pelatihan khutbah Jumat yang digelar Usbat Ganjar Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Regenerasi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pada khatib untuk menyiarkan agama melalui khutbah. Untuk menciptakan itu, relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) gelar pelatihan khutbah Jumat bagi para pemuda.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Kegiatan edukatif dan religius itu digelar Usbat Ganjar bagi masyarakat Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Selasa 9 Mei 2023. Koordinator Wilayah (Korwil) Usbat Ganjar Sumatera Utara, Syabrun Jukhoir menilai respons masyarakat kali ini lebih antusias dari sebelumnya.

"Mereka sangat mendukung Ganjar Pranowo berupa (mengikuti) program-program dari Usbat ini," Syabrun dalam keterangannya, Rabu 10 Mei 2023.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

Relawan Usbat Ganjar Sumatera Utara dipastikan akan terus berkoordinasi dengan masyarakat untuk mendukung Ganjar menjadi Presiden 2024.

Dalam tausiahnya, Ustaz Ahmad Dairobi selaku pemateri mengatakan pengetahuan mengenai salat Jumat perlu diketahui tak hanya laki-laki, tapi juga kaum perempuan. Meskipun, salat tersebut hanya diwajibkan bagi laki-laki. Pada salat Jumat, terdapat khutbah yang dilakukan seorang khatib. Keberadaannya menjadi salah satu syarat sah dalam melaksanakan salat Jumat.

Mengucap Bismillah, Musa Rajekshah : Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Seorang khatib tak serta merta berkhutbah di depan jemaah, tetapi juga perlu mengikuti sejumlah hal. Mulai dari membaca hamdalah, shalawat, mengajak bertakwa, menyampaikan pesan kebaikan hingga doa di antara khutbahnya.

“Adapun sasaran utama kami dalam rangka menyampaikan cara berkhutbah yang baik kepada remaja-remaja, kepada anak-anak muda. Inilah nanti yang akan menggantikan para khatib yang ada hari ini,” tutur Ahmad.

Halaman Selanjutnya
img_title